Pengacara Jelaskan Menantu Nurhadi Pinjam KTP Kakak Ipar untuk Lahan Sawit

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 23:09 WIB
Eks Sekretaris MA Nurhadi bersama menantunya Rezky Herbiyono kembali diperiksa KPK. Berikut foto-fotonya.
Rezky Herbiyono (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Pengacara Rezky Herbiyono, Rudjito, menjelaskan alasan kliennya meminjam kartu tanda penduduk (KTP) kakak iparnya bernama Yoga Dwi Hartiar untuk membeli lahan sawit di Padang Lawas, Tapanuli Selatan. Rudjito menyebut Rezky meminjam identitas karena ada pembatasan kepemilikan lahan.

"Sebetulnya persoalannya adalah ini kan soal pembatasan kepemilikan, ya kan. Di sana itu pembatasan menurut ketentuannya kan ada pembatasan, bahwa seseorang maksimal boleh memiliki (lahan) kalau nggak salah 5 hektare, karena kalau kebun lebih 5 hektare harus dipecah, salah satunya caranya adalah dengan meminjam KTP-nya si Yoga tadi. Itu maksudnya begitu," ujar Rudjito di PN Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (25/11/2020).

Rudjito membantah bahwa peminjaman identitas itu adalah bertujuan menyamarkan. Dia menantang KPK untuk membuktikannya di persidangan.

"Bukan (menyamarkan) lah, ya, silakan saja KPK membuktikan bahwa itu menyamarkan atau menyembunyikan asal usul silakan saja, tapi bagi kami itu hanya persoalan administrasi saja," katanya.

"Di sini kan persoalannya soal Pasal 12a dan b, soal suap-menyuap, nah soal suapnya mana, sampai sekarang nggak ketemu. Setidak-tidaknya sampai saat ini tidak ketemu, apa hubungannya Pak Nurhadi dengan uang-uang yang katanya diterima Rezky, gitu lho. Sampai sekarang nggak ketemu, baik secara langsung maupun tidak langsung," tambahnya.

Sebelumnya, Yoga Dwi Hartiar yang merupakan kakak ipar Rezky Herbiyono mengaku identitasnya dipakai oleh Rezky untuk membeli lahan sawit. Yoga menyebut saat itu identitasnya dipakai untuk membeli lahan sawit di Tapanuli Selatan pada 2017.

Awalnya, Yoga menjelaskan KTP-nya pernah dipinjam Rezky. Saat itu, Yoga mengaku tidak tahu identitasnya dipakai oleh Rezky.

Selanjutnya
Halaman
1 2