Polisi Panggil Lagi Saksi yang Tak Hadiri Undangan Klarifikasi soal Acara HRS

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 20:34 WIB
Gedung Mapolda Metro Jaya
Gedung Polda Metro Jaya (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Polisi masih akan memeriksa saksi-saksi lain terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan di sejumlah acara Habib Rizieq Syihab yang menimbulkan kerumunan. Saksi-saksi lain yang sebelumnya dipanggil dan berhalangan hadir akan dipanggil lagi.

"Sampai hari ini kita masih mengevaluasi apa yang sudah dikumpulkan penyelidik, kami masih mengumpulkan. Beberapa saksi yang berhalangan kami masih menjadwalkan untuk secepatnya hadir," kata Yusri kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Menurut Yusri, pihaknya masih harus menunggu hasil analisis dari keterangan saksi yang dilakukan penyelidik. Dia menambahkan, jika dari hasil analisis tersebut telah ditemukan konstruksi kasus tersebut, pihaknya akan segera melakukan gelar perkara.

Dia menambahkan, pihaknya berharap masyarakat untuk bersabar terkait proses penyelidikan yang tengah berlangsung. Menurut Yusri, pihaknya tidak ingin gegabah dalam mengumpulkan bukti-bukti dan unsur pidana dari kasus tersebut.

"Sambil evaluasi apakah ini sudah bisa dilakukan gelar perkara awal? Ini tergantung hasil evaluasi dari penyelidik. Kalau memang dianggap cukup untuk konstruksi perkaranya, kita naikkan ke penyidikan baru kita lakukan gelar perkara. Jadi nggak bisa kita buru-buru," ungkapnya.

Polda Metro Jaya sendiri sejak Selasa (17/11) telah meminta klarifikasi kepada pihak-pihak terkait kerumunan pada acara Habib Rizieq Syihab di Petamburan yang terjadi pada Sabtu (14/11). Polisi kemudian membagi undangan saksi tersebut ke dalam tiga kelompok.

Apa saja kelompok itu? Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2