Ingatkan Prokes, Gubernur Banten Serahkan Penertiban Baliho HRS ke Pemda

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 20:03 WIB
Gubernur Banten Wahidin Halim
Foto: Gubernur Banten Wahidin Halim (Pemprov Banten).
Serang -

Gubernur Banten Wahidin menyerahkan urusan penertiban spanduk atau baliho Habib Rizieq Shihab yang ilegal ke Pemkot dan Pemkab. Tapi, ia meminta segala kegiatan yang digelar kelompok manapun di daerahnya tidak melanggar protokol kesehatan.

"Spanduk juga kan yang mengizinkan kabupaten kota. Cuma kita sebagai Satgas meminta wali kota melaksanakan protokol kesehatan. Tanpa kecuali siapa saja yang melakukan aktivitas jangan sampai melanggar protokol," kata Wahidin di Serang, Banten, Rabu (25/11/2020).

Kelompok dari manapun menurutnya harus menghormati kepentingan bersama. Karena semakin terjadi kerumunan apalagi dengan alasan kepentingan kelompok, dikhawatirkan bisa meningkatkan risiko penyebaran COVID-19.

"Harus menghormati kepentingan bersama. Pemerintah sudah kena dampaknya, hampir Rp 150 triliun sudah dihabiskan di tingkat nasional, kita hamper Rp 300 miliar baik fasilitas kesehatan termasuk membiayai, itu ada hitunganya," ujar Wahidin.

Wahidin juga menyarankan agar mengurangi atau bila perlu meniadakan sementara kegiatan tabligh akbar yang menyebabkan berkumpulnya massa. Karena jika terus-menerus dilakukan, Corona tak kunjung bisa diatasi dan semakin merugikan semua.

"Di Mekah saja dilakukan social distancing dan sebagainya," ujarnya.

Sebelumnya, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dan Kapolda Banten Irjen Fiandar kompak akan menurunkan spanduk, baliho illegal bergambar HRS di wilayah Banten. Personel mereka akan diturunkan membantu Satpol PP sebagai garda depan untuk penertiban ini.

"Kita bersama-sama Satpol PP, Polri, sama-sama menertibkan semua baliho, atribut yang tidak sesuai. Yang tidak sesuai aturan, baliho tidak sesuai akan kita tertibkan, kita turunkan," kata Nugroho di Serang.

Tonton video 'Polri soal Pencopotan Baliho Rizieq: Kita Bantu Pengamanan':

[Gambas:Video 20detik]



(bri/mso)