Demo RUU PKS di DPR, Puluhan Perempuan Gelar Ratusan Pasang Sepatu

Taufieq Renaldi Arfiansyah, Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 12:37 WIB
Demo massa mendesak DPR sahkan RUU PKS
Massa demo menggelar ratusan pasang sepatu sebagai bentuk dukungan agar DPR segera sahkan RUU PKS.Foto: (Taufieq/detikcom)

Merujuk pada data Yayasan Pulih, menurut Ratu, kasus kekerasan terhadap perempuan di masa pandemi COVID-19 justru mengalami peningkatan. Untuk itu, DPR diharapkan segera mengesahkan RUU PKS untuk melindungi para perempuan dari kejahatan seksual.

"Karena kenapa, setelah lihat Indonesia itu mengalami sebenarnya mengalami darurat kekerasan seksual. Dari 6 bulan masa COVID kita itu kasus kekerasan seksual itu berdasarkan data dari Yayasan Pulih hampir 200% jumlah peningkatan kekerasan seksual," katanya.

Ratu menambahkan, sepatu-sepatu itu nantinya akan dipindahkan ke Komnas Perempuan. Sepatu-sepatu itu akan dipamerkan sesuai dengan cerita dari para pemiliknya.

Demo massa mendesak DPR sahkan RUU PKSRatusan pasang sepatu itu sebagai bentuk dukungan agar DPR segera mengesahkan RUU PSK. Foto: (Taufiek/detikcom)

"Semua sepatu ini nanti, hari ini kita taruh di sini, besok akan kita pindahkan. Karena kan sampai 10 Desember ini ada momentum 16 hari tanpa kekerasan. Jadi kita pindahkan sepatu ini ke Komnas Perempuan. Kita pindahkan dalam bentuk art instalasi, jadi kalau mau lihat besok jam 09.00 WIB sudah ada di Komnas kita buka pameran sepatunya. Sepatu-sepatu ini akan kita pasang sesuai dengan ceritanya, ada yang pendukung, ada yang penyintas, ada yang mengalami kekerasan seksual," paparnya.

Dihubungi secara terpisah, Wakapolsek Tanah Abang Kompol Sri Wahyudi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan pengamanan di lokasi aksi. Aksi berakhir pada pukul 12.00 WIB. Aksi berlangsung secara kondusif.

"Aksinya kondusif," kata Kompol Sri Wahyudi.

Halaman

(mei/mei)