Pilih Istirahat, Habib Rizieq Batal Berdakwah di Makassar

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 12:17 WIB
Habib Rizieq mengenakan masker dan face shield
Habib Rizieq (Screenshot YouTube Front TV)
Makassar -

FPI Sulawesi Selatan (Sulsel) mengatakan agenda Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab berdakwah di Kota Makassar batal. Habib Rizieq masih memilih beristirahat.

"Bahwa Habib Rizieq saat ini memilih untuk istirahat, jeda sejenak, karena selain cukup lelah akibat melalui perjalanan panjang dan langsung beraktivitas dengan tingkat kepadatan yang cukup tinggi," kata Jubir FPI Sulsel Armand Rachman kepada detikcom, Rabu (25/11/2020).

Pihak FPI juga telah belajar pada kejadian di acara Maulid Nabi Muhammad SAW pada 14 November, yang menyebabkan terjadinya penumpukan massa saat itu.

"Sehingga sebagai wujud komitmen HRS dalam mengajak umat untuk menciptakan pola hidup sehat di masyarakat, maka untuk sementara HRS memilih untuk tidak melakukan kegiatan yang akan berdampak pada penumpukan massa hingga situasi kembali normal," kata dia.

Oleh karena itu, FPI juga meminta maaf kepada masyarakat bahwa Habib Rizieq tidak dapat memenuhi undangan yang telah dilayangkan kepadanya. "Hingga nanti HRS memutuskan dapat beraktivitas secara normal kembali," sebutnya.

Sebelumnya diberitakan, Habib Rizieq Syihab disebut berencana melakukan safari dakwah dengan berkeliling Indonesia. Salah satu titik persinggahan Habib Rizieq untuk melakukan dakwah adalah Makassar.

"Yang jelas targetnya itu akan keliling Indonesia, sambil membaca suasana kan. Sementara data-data rencana mulai Jawa Barat sampai Jawa Timur sudah disusun sama tema-teman. Itu aja masih dalam kondisi seperti ini sambil membaca suasana. Untuk tahap awal Jawa Barat, Jawa Timur, dan luar Jawa, termasuk Makassar," kata Dewan Syuro FPI Sulsel Abu Thoriq saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (21/11).

Thoriq enggan menjelaskan secara rinci suasana yang menjadi pertimbangan mereka untuk memutuskan pelaksanaan safari dakwah dengan berkeliling Indonesia, termasuk di Makassar. Tidak hanya itu, teknis dakwah Habib Rizieq juga belum diputuskan pihaknya.

"Bahasanya lihat kondisi yang paling pantas, paling rapi, untuk dalam konfirmasi dakwah dan tablig itu, kita kan mau belajar menjadi rahmantan lil alamin, sementara fitnahnya luar biasa," kata dia.

Simak juga video 'Pangdam Jaya: Saya Tak Pernah Ajak Musuhi Habib Rizieq atau FPI':

[Gambas:Video 20detik]



(tfq/nvl)