Round-Up

Ketua KPK Nimbrung Saat Anies Baca 'How Democracies Die' Berdengung

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 08:48 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri (M Zhacky K/detikcom)
Ketua KPK Firli Bahuri (M Zhacky K/detikcom)
Jakarta -

Aksi Gebernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang mengunggah foto saat membaca buku 'How Democracies Die' di media sosialnya menjadi perbincangan. Ketua KPK Firli Bahuri turut nimbrung dalam pembicaraan yang tengah berdengung itu.

"Kalau kemarin saya lihat ada di media Pak Anies membaca 'How Democracies Die'. Bukunya ada 'Why Nations Fail', itu udah lama saya baca, tahun 2002 sudah baca buku itu," kata Firli dalam acara 'Serah Terima Barang Rampasan KPK', yang disiarkan di akun YouTube KPK, Selasa (24/11/2020).

Firli menyebut buku yang telah selesai dia baca itu terbit dari tahun-tahun yang lalu. Jadi ada pihak yang membaca saat ini, wajar saja menimbulkan banyak kritik.

"Kalau ada yang baru baca sekarang, baru bangun. Makanya banyak yang mengkritisi kan, udah lama buku itu," imbuh Firli.

Selepas dari mengomentari buku yang dibaca oleh Gubernur DKI itu, Firli bercerita bagaimana pemberantasan korupsi menjadi perhatian di dunia. Dia menyebut banyak negara gagal lantaran maraknya korupsi.

"Seluruh dunia memberikan perhatian terhadap korupsi karena kejahatan ini adalah kejahatan yang luar biasa makanya penanganan secara luar biasa. Banyak negara bisa gagal mewujudkan tujuan negara karena banyaknya korupsi," ujar Firli.

"Seluruh aspek kehidupan bisa berdampak kalau ada korupsi," katanya.

Bagimana isi buku 'Why Nations Fail' yang disampaikan Filri saat menyinggung Anies Baswedan yang pamer membaca buku 'How Democracies Die'.

Firli bercerita bahwa dia sudah membaca buku itu sejak 2002. Dikutip dari laman Goodreads, buku ini pertama kali diterbitkan pada 2012 oleh penerbit Crown Business. Buku ini ditulis oleh dua profesor ilmu ekonomi, Daron Acemo─člu dan James A Robinson.

Simak video ''How Democracies Die' Disorot Gegara Anies Baswedan, Apa Isinya?':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2