Soal Kerumunan di Jakarta, Pemprov DKI Evaluasi Pejabat

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 22:25 WIB
Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Wilda-detik)
Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Terjadi kerumunan dan masalah pelanggaran protokol kesehatan di DKI Jakarta. Kondisi ini membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengevaluasi pejabat-pejabat internal.

"Semua sedang dievaluasi. Kita sedang melakukan evaluasi semua, terkait COVID, terkait kegiatan-kegiatan dalam beberapa minggu terakhir ini. Nanti kita akan lihat apa hasil evaluasinya," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta saat ditanya ada-tidaknya pejabat dicopot karena kerumunan massa Habib Rizieq, Selasa (24/11/2020).

Menurut Riza Patria, memang ada evaluasi internal. Namun, sejauh mana evaluasinya, Riza tidak menjelaskan.

"Ya pokoknya kita melalukan evaluasi banyak hal. Pertama, terkait evaluasi adanya peningkatan kasus di Jakarta, kita lakukan evaluasi. Kedua, kita lakukan evaluasi di antara internal kami, kekurangan kita, kelemahan kita, kita akan evaluasi, kita akan perbaiki," ucapnya.

Riza membenarkan bahwa salah satu bahan evaluasi adalah kerumunan massa Habib Rizieq Syihab. "Semuanya. Semuanya kita evaluasi," ucapnya.

Menurut Riza, sampai saat ini belum ada pejabat yang dicopot karena kerumunan massa Habib Rizieq. Menurutnya, sebentar lagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menyampaikan bahan evaluasi.

"Belum sejauh itu. Jadi kita masih melakukan evaluasi, jadi nanti pada saatnya, hasilnya apa akan disampaikan Pak Gubernur," ucapnya.

(aik/dwia)