Penambahan Kasus Corona DKI Disorot Satgas, Wagub Singgung Libur Panjang

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 21:48 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria memenuhi undangan klarifikasi terkait kerumunan acara Habib Rizieq Syihab di Petamburan. Riza mengaku kedatangannya tersebut sebagai bentuk kewajibannya sebagai warga negara. Riza tiba di Polda Metro Jaya sekitar pukul 11.00 WIB.
Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 menyoroti penambahan kasus virus Corona (COVID-19) di DKI Jakarta yang masuk lima provinsi tertinggi selama 3 pekan berturut-turut. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pun menyinggung soal libur panjang.

"Memang ini masih terkait libur panjang. Terkait tingginya beberapa minggu terakhir ini," ucap Riza Patria kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (24/11/2020).

Pemprov DKI pun masih mengkaji apakah ada kaitan kenaikan kasus dengan beberapa acara yang akibatkan kerumunan. Menurutnya, soal kerumunan, yang berlangsung pada awal November, akan diketahui selama 14 hari sejak kegiatan berlangsung.

"Kita masih melihat apakah ada hubungan dengan kegiatan-kegiatan kerumunan dalam Minggu kemarin dampak daripada kerumunan dan lain-lain. Kegiatan itu baru satu sampai dua minggu ke depan (diketahui)," ujarnya.

Riza berharap tidak ada penambahan klaster baru kasus Corona. "Kita lihat, mudah-mudahan tidak ada klaster baru," katanya.

Selain soal libur panjang, Riza Patria menyebut banyak kasus di Jakarta akibat dari banyaknya testing. Bahkan Riza mengklaim testing di Jakarta menyumbang banyak tes untuk data nasional.

"Disebabkan memang DKI Jakarta ini termasuk provinsi yang terus meningkatkan jumlah testing PCR," kata Riza.

"Kita akan menargetkan sesuai dengan arahan pak gubernur sehari bisa sampai 10.000 dan kontribusi dari Jakarta sampai 40% daripada testing nasional Jadi kami memang mengikuti, melaksanakan arahan dari Pak Jokowi, presiden," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2