97 Warga Tes Swab di Tebet, Camat: 5 Positif Corona Tak Terkait Maulid

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 21:08 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Camat Tebet, Dyan Airlangga, mengatakan tracing atau penelusuran kontak langsung dilakukan setelah kegiatan Maulid Nabi di Tebet yang dihadiri oleh Habib Rizieq Syihab (HRS). Ada puluhan sampel yang dites swab.

"Hari Sabtu, 21 November 2020, Puskesmas Kecamatan Tebet melaksanakan tes swab/Active Case Finding (ACF). Pelaksanaan di Kelurahan Tebet Timur, 97 tes swab dengan hasil 92 negatif dan 5 positif," kata Dyan saat dihubungi, Selasa (24/11/2020).

Dari hasil tes swab itu, diketahui ada 5 orang yang positif Corona. Namun lima orang itu tak terkait kegiatan Maulid Nabi.

"Yang 5 positif tidak terkait maulid, hasil tracing Puskesmas," ujar Dyan.

Dyan pun menyebut bahwa belum ada kasus Corona dari kerumunan acara Maulid berdasarkan hasil tes 97 orang di atas.

"Untuk yang ini (97 tes) belum," ujar dia.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji juga menepis soal adanya 50 warga positif Corona karena kerumunan di acara Maulid Nabi. Isnawa menyebut 50 orang tersebut merupakan total dari semua klaster.

"Sempat ada komentar Tebet (klaster) 50 (kasus) kan? 50 kan, ada daily report, orang kena liburan panjang, liburan, ada kena di kantor, klaster keluarga, 50 mungkin bukan hanya Maulid. Lihat juga tanggalnya, mungkin itu sebelum Maulid," ucap Isnawa.

Selanjutnya
Halaman
1 2