Jawara Banten Beraksi Debus di Polda Metro, Dukung Kapolda Fadil Imran

Taufieq Renaldi Arfiansyah - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 18:22 WIB
Jawara Banten (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom).
Foto: Jawara Banten (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom).
Jakarta -

Komunitas Seni Budaya Debus Banten melakukan atraksi debus di Polda Metro Jaya. Acara tersebut sebagai bentuk dukungan kepada Irjen Fadil Imran sebagai Kapolda Metro Jaya yang baru.

"Kami dari Jawara Banten akan mendukung NKRI. Karena kami saking cintanya datangnya ka Banten bersilaturahmi dengan Bapak Kapolda Metro, karena saking cinta. Makanya itu tadi itu langsung atraksi-atraksi debus," ungkap koordinator aksi, Misro, di lokasi, Selasa (24/11/2020).

Acara tersebut menampilkan atraksi debus yang merupakan kebudayaan Banten. Salah satu jawara terlihat menyayat-nyayatkan golok ke bagian tubuhnya mulai dari tangan hingga leher. Setelah atraksi bagian tubuhnya tidak ada yang terluka.

Aksi dilakukan pukul 14.00 WIB tadi hingga pukul 15.00 WIB. Massa jawara ini memakai atribut kaos hitam-hitam.

"Karena leluhur kita, itu yang namanya debus Banten," kata Misro.

Menurut Misro, pihaknya memberi dukungan terhadap Kapolda Metro Jaya Fadil Imran karena cinta. Dia membantah dukungan tersebut karena situasi politik akhir-akhir ini yang sedang panas di DKI Jakarta.

"Insyaallah, jadi awas ya jangan salah paham ya. Tidak ada inti menyudutkan seseorang. Tidak ada. Karena saking cintanya atas nama Jawara Banten mendukung adanya Bapak Kapolda baru," kata Misro.

Acara silaturahmi tersebut diisi dengan pemberian karangan bunga dari Komunitas Seni Debus Banten secara simbolik kepada pihak kepolisian yang diwakili Kasubditpenas AKBP Sujarwato.

(gbr/dhn)