Siswi Dilaporkan Gubernur Kalbar Diperiksa Polisi, Ini yang Didalami

Jabbar Ramdhani - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 13:19 WIB
Gubernur Kalbar Sutarmidji
Gubernur Kalbar Sutarmidji (Foto: Dok APPSI)
Jakarta -

Polisi menindaklanjuti pelaporan Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji yang merasa dihina seorang siswi SMA dalam sebuah orasi. Siswi tersebut telah diperiksa pihak kepolisian.

Siswi tersebut didampingi Komisi Perlindungan dan Pengawasan Anak Daerah (KPPAD) karena belum berusia dewasa. Apa yang didalami polisi?

"Kemarin terlapor juga sudah kita mintai keterangan juga dengan didampingi KPPAD. Kita mendalami kenapa sampai ikut aksi, sementara yang bersangkutan masih siswi. Kemudian tergerak ingin berorasi atau ada yang menyuruh," kata Kapolresta Pontianak Kombes Komarudin saat dihubungi, Selasa (24/11/2020).

Polisi sebelumnya memeriksa sejumlah saksi terkait peristiwa tersebut. Polisi masih akan memeriksa sejumlah saksi lain.

Polisi saat ini baru mengantongi bukti berupa video viral siswi tersebut saat orasi dalam demo penolakan omnibus law UU Cipta Kerja pada 10 November lalu. KPPAD sendiri menilai keterlibatan siswi SMA dalam demo tersebut sebagai eksploitasi terhadap anak-anak.

"Sudah beberapa kali ikut kegiatan. Kalau dari data yang ada, memang sudah beberapa kali ikut kegiatan, ada dokumentasinya yang bersangkutan memang ikut beberapa aksi. Ini yang perlu kami dalami apakah keberadaannya di sana atas ajakan atau keinginan sendiri," ucap dia.

Setelah dimintai keterangan, siswi tersebut dikembalikan ke orang tuanya serta tetap dalam pengawasan KPPAD.

Anggota DPR sempat meminta agar kasus ini disetop. Polisi menyatakan kelanjutan kasus ini bergantung pada keputusan pelapor.

"Memang kasus ini sendiri memang delik aduan. Tentunya tergantung bagaimana si pelapor mengingat juga terlapor masih di bawah umur. Namun, untuk menjawab ataupun menindaklanjuti adanya laporan, tentunya kami harus menindaklanjuti," kata Komarudin.

Sutarmidji membuat laporan polisi pada Kamis (12/11) lalu. Sutarmidji sendirilah yang langsung datang ke SPKT Polresta Pontianak.

Selanjutnya
Halaman
1 2