Tiga Hari di Sumbar, Andre Rosiade Geber Bantuan dan Aneka Pelatihan

Yudistira Imandiar - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 13:00 WIB
Andre Rosiade
Foto: Tim Andre Rosiade
Jakarta -

Anggota DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Sumbar Andre Rosiade SE memberikan sejumlah bantuan ke berbagai pihak dalam kunjungannya di Sumatera Barat. Ia juga mengadakan sejumlah pelatihan untuk masyarakat. Andre berkunjung ke Sumatera Barat pada Jumat-Minggu (20-22/11). Ada empat daerah yang dikunjunginya, yakni Padang, Sijunjung, Dharmasraya dan Tanahdatar.

Andre memfasilitasi puluhan warga mengikuti sejumlah pelatihan, antara lain pelatihan IKM (Industri Kecil dan Menengah) Kementerian Perindustrian mengenai servis barang- barang elektronik di Dharmasraya. Berikutnya, pelatihan IKM Kemenperin bidang konveksi di Tanah Datar. Selanjutnya Pelatihan IKM Kemenperin di bidang olahan pangan dari buah di Kota Padang.

"Alhamdulillah, pelatihan-pelatihan dengan Direktorat IKM Pangan, Barang dari Kayu dan Furniture, Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin berjalan baik. Selain mendapatkan skill dari para ahlinya, para peserta juga mendapatkan bantuan peralatan dan bisa segera memulai usaha," kata Andre dalam keterangan tertulis, Selasa (24/11/2020).

Selain itu, di Kota Padang dan Sijunjung, Andre bersama PT Pertamina juga menggelar pelatihan membuat kue yang diikuti puluhan peserta.

"Ini adalah bagian dari pemberdayaan perempuan yang kami lakukan dengan memberikan skill dalam pembuatan kue. Para peserta juga diberikan peralatan dan bahan untuk segera memulai usaha. Semoga ini membantu dalam menghadapi pandemi," sambung Andre.

Adapun agenda yang dilakukan Andre, yakni pada Jumat (20/11) Andre berkeliling Pasar Sungai Rumbai untuk menyapa warga. Setelahnya, ketua DPD Gerindra Sumbar itu mendatangi Surau Lokuok, Jorong Batang Tabek, Nagari Tebing Tinggi, Kecamatan Pulau Punjung, Dharmasraya.

"Kami melihat pak Andre sangat sering memberikan bantuan ini dan itu kepada masyarakat Sumbar saat virus Corona ini ada. Kami juga berharap, selain bantuan untuk musala atau surau ini, juga ada bantuan lain untuk masyarakat di Tebing Tinggi. Apalagi pak Andre berada di Komisi VI yang begitu dekat dengan Kementerian bidang ekonomi dan UMKM," ungkap Tokoh masyarakat Tebing Tinggi Heri Saputra.

Andre menyatakan siap mendukung masyarakat di Dharmasraya dalam kondisi pandemic COVID-19. Ia juga mengajak warga untuk berjuang bersama agar dapat segera keluar dari masa-masa sulit,

"Kami akan terus bersama warga. Karena Andre Rosiade adalah anggota DPR RI paling sering ke Dharmasraya. Hari ini kami bantu Surau Lokuok Rp 50 juta. Insyaallah kami akan bantu juga yang lainnya," kata Andre.

ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Anggota DPRD Dharmasraya Rosandi Sanjaya berterima kasih kepada Andre sudah datang kembali ke Dharmasraya sebanyak lebih dari lima kali sepanjang tahun 2020.

"Kami akan menyinergikan program-program kami di DPRD dengan pak Andre di DPR RI dan juga ketua DPD Gerindra Sumbar. Semoga kita semua bisa berbuat yang terbaik untuk warga Dharmasraya," katanya.

Pada Sabtu (21/11), Andre mengunjungi sejumlah titik di Sijunjung untuk memberikan bantuan senilai lebih dari Rp 225 juta. Bantuan diberikan Andre kepada Masjid Nurul Taufiq di Nagari Pematang Panjang, Kecamatan Sijunjung. Di sana, Andre menyerahkan bantuan program kemitraan berbasis lingkungan (PKBL) senilai Rp 75 juta bersama anggota DPRD Sijunjung Endri Besmen.

Wali Nagari Pematang Panjang Rio berterima kasih pada Andre yang sudah memberikan bantuan untuk masjid di nagarinya. Ia turut menyampaikan Pematang Panjang punya 11 jorong dengan 7.500 penduduk dan 4.500 pemilih.

"Sayangnya, di nagari terbesar di Kecamatan Sijunjung ini tidak punya pasar nagari sendiri. Kami sudah mempersiapkan lahan di sekitar jalan lintas Sumatera (Jalinsum) kalau ada yang membangun," ungkap Rio.

Menanggapi pernyataan Rio, Andre mengatakan pihaknya telah mengusulkan untuk pembuatan pasar di Pematang Panjang kepada Kementerian Perdagangan.

"Hari ini kita bawa bantuan untuk masjid. Berikut soal pasar, kami telah mengusulkan ke Kementerian Perdagangan pasar di Pematang Panjang ini. Insyaallah 2021 bisa dibangun dengan nilai R4 miliar," jelas Andre.

Di hari yang sama, Ketua Harian DPP IKM itu melakukan prosesi adat batogak tonggak tuo Rumah Gadang Bagindo Maharajo Indo, Rajo Adat Jambu Lipo di Nagari Lubuak Tarok, Sijunjung. Sebelumnya, Andre dan tim dijamu dengan penganan khas Lubuak Tarok, godok obuih di Istana Kalambu Suto yang tak jauh dari lokasi batagak tonggak tuo (mendirikan tonggak tua rumah adat).

Wali Nagari Lubuak Tarok Zulriatman meminta Andre Rosiade tidak hanya membantu Rumah Gadang Bagindo Maharajo, tetapi juga membantu pemugaran rumah adat se-Lubuk Tarok yang jumlahnya cukup banyak.

Menurut Andre proposal rehabilitas Rumah Gadang Bagindo Maharajo sudah masuk beberapa waktu lalu ke Kementerian PUPR, dan mendapatkan dana Rp 100 juta. Dia juga menyatakan siap membantu pemugaran rumah-rumah adat lainnya di Lubuak Tarok.

"Mohon diberikan saja kami proposalnya, insya Allah akan kami bantu memfasilitasi dengan Kementerian PUPR. Karena, jumlahnya sangat banyak," terang Andre.

Bersama Ketua DPC Partai Gerindra Sijunjung, Andre juga menyerahkan bantuan untuk Musala Mujahidin Desa Kampung Baru, Kecamatan Kupitan dalam bentuk bantuan PKBL Rp 50 juta.

"Ini bantuan tahap awal, agar musala ini cepat berdiri dan kabarnya akan dipakai untuk Ramadhan tahun depan. Semoga kami bisa membantu di kesempatan lainnya," kata dia.

Selanjutnya Andre bertemu dengan warga Nagari Bukit Bual, Kecamatan Koto VII dengan dipandu Wali Nagari Bukit Bual Otriwandi. Di sana, Andre berdialog dengan warga.

"Suara pak Andre di sini dulu sangat banyak. Tak salah kiranya beliau kembali mengunjungi kita," kata Otriwandi.

Di Kota Padang, Andre Rosiade juga berkesempatan bertemu dengan 7 kelompok usaha bersama (KUB) nelayan yang ia fasilitas untuk mendapatkan bantuan sarana pengembangan usaha nelayan (BSPUN) berupa kendaraan tiga roda berinsulasi. Bantuan itu berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Alhamdulillah, bantuan itu bisa diberikan kepada para nelayan di Kota Padang yang membutuhkan," ujar Andre.

(mul/ega)