PAN DKI: Cukup Satpol PP Turunkan Baliho HRS, TNI-Polri Dampingi Saja

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Minggu, 22 Nov 2020 18:03 WIB
Oman Rahman Rakinda
Oman Rahman Rakinda (dok. Istimewa)
Jakarta -

Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD DKI menilai penurunan baliho Habib Rizieq Syihab cukup dilakukan Satpol PP. Menurutnya, hal itu sudah sesuai tupoksinya.

"Penurunan baliho cukup sama Satpol PP. Kembali ke tupoksi. Kami yakin bisa," kata Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI, Oman Rahman Rakinda, saat dihubungi, Minggu (22/11/2020).

Oman menyebut penertiban baliho oleh Satpol PP diyakini akan lebih persuasif ketimbang harus aparat TNI yang terlibat.

"Situasinya juga akan lebih nyaman dan persuasif," ujar Oman.

Aparat TNI-Polri, sebut Oman, lebih baik dalam kapasitas mendampingi saja terkait penurunan baliho Habib Rizieq. Dia juga berharap Satpol PP mengedepankan pendekatan persuasif.

"TNI dan Polri mendampingi saja. Kedepankan pendekatan persuasif," ungkap Oman.

Sebelumnya, Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman bicara soal viralnya video yang menunjukkan baliho bergambar wajah Habib Rizieq Syihab diturunkan orang berseragam loreng. Dudung menyatakan penurunan baliho itu atas perintahnya.

"Ada berbaju loreng menurunkan baliho Habib Rizieq itu perintah saya. Karena berapa kali Pol PP menurunkan, dinaikkan lagi. Perintah saya itu," kata Dudung, Jumat (20/11).

Dudung menegaskan ada aturan yang harus dipatuhi terkait pemasangan baliho. Ia meminta tidak ada pihak yang seenaknya sendiri dan merasa paling benar.

"Kalau siapa pun di republik ini, ini negara hukum, harus taat kepada hukum. Kalau masang baliho udah jelas ada aturannya, ada bayar pajak, dan tempat ditentukan. Jangan seenaknya sendiri, seakan-akan dia paling benar, nggak ada itu. Jangan coba-coba pokoknya," tegasnya.

Tonton video 'Klaster Petamburan Bertambah Jadi 30 Kasus dari Acara Maulid-Nikah':

[Gambas:Video 20detik]



(imk/imk)