Meteorit Rezeki dari Langit

Ini 10 Meteorit yang Jatuh ke Bumi: Dari Prambanan, Bone, hingga Jerman

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 21 Nov 2020 13:11 WIB
NASA: Belasan Asteroid Lintasi Bumi di Bulan Juni
Gambar ilustrasi DW (SoftNews)
Jakarta -

Meteorit hangat yang jatuh di rumah Josua Hutagalung ditaksir bernilai fantastis. Ukurannya tak lebih besar dari kepala Josua. Berikut adalah meteorit-meteorit besar yang pernah mendarat di bumi.

1. Kanjeng Kiai Pamor

Kiai Pamor adalah nama untuk bongkahan meteorit yang jatuh tak jauh dari kawasan Candi Prambanan (sekarang Prambanan, Klaten, Jawa Tengah) pada 1784. Pada 13 Februari tahun itu, meteorit itu diambil oleh pihak Kasunanan Surakarta dan diboyong ke Keraton.

Batu itu berukuran 1 meter kubik. Batu itu ambles dan tidak bisa dengan mudah dievakuasi. Perlu peledak untuk mengevakuasi meteorit itu. Wakil Pengageng Sasana Wilapa KRA Dany Narsugama mengatakan batu itu pecah menjadi dua dan ada pula serpihan-serpihannya.

"Yang bongkahan kecil, pada 13 Februari 1784 diambil atas perintah Raja Pakubuwono III dibawa ke keraton. Konon sebesar buah kelapa. Pecahan besar pada 12 Februari 1797, atas perintah Pakubuwono IV dibawa ke Keraton, besarnya kira-kira 1 meter kubik," kata Dany, Kamis (19/11) kemarin.

PT TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko melakukan simulasi penerapan protokol kesehatan sebelum kembali dibuka. Simulasi itu akan dilakukan sebanyak 3 kali.Ilustrasi, tidak berhubungan langsung dengan berita: Candi Prambanan (Jauh Hari Wawan S/detikcom)

Di Keraton Surakarta, ada cungkup khusus untuk menempatkan batu itu. Pakar keris Ki Totok Brojodiningrat sempat melihat Kiai Pamor itu untuk kondisi era saat ini.

"Bentuknya seperti bongkahan. Ukurannya lebih besar dari kepala kerbau. Tidak bulat. Itu sangat keras. Dulu pernah dibakar tujuh hari kemudian dipaju, hanya cuil sebesar kemiri," kata Ki Totok, Sabtu (21/11/2020).

Selanjutnya, bola api di Bone, Sulsel:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4