Round-Up

Wanti-wanti 4 Menteri Ketika Sekolah Boleh Buka Lagi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 21 Nov 2020 07:42 WIB
Guru melakukan pengecekan suhu tubuh pada Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gantiwarno, Klaten, saat memasuki area sekolah pada saat uji coba sekolah tatap muka dengan standar protokol kesehatan ketat di Gantiwarno, Klaten, Jawa Tengah.
Ilustrasi / Uji Coba Sekolah Tatap Muka (Foto: Pius Erlangga)
Jakarta -

Pemerintah pusat memperbolehkan pembelajaran tatap muka di sekolah dan menyerahkan kewenangan ke pemerintah daerah masing-masing. Wanti-wanti pun diberikan oleh sejumlah menteri agar sekolah tatap muka ini tak menjadi sarana penularan virus Corona.

Kebijakan baru ini akan berlaku mulai Januari 2021. Seperti diketahui, pemerintah memberlakukan kebijakan belajar dari rumah akibat pandemi Corona. Seiring berjalannya waktu, pemerintah mengizinkan sekolah di zona hijau lalu zona kuning untuk buka kembali.

Kini, pembukaan kembali sekolah tidak bergantung pada zonasi Corona. Kewenangan diserahkan pada masing-masing pemerintah daerah dengan berbagai pertimbangan.

"Pemerintah pada hari ini melakukan penyesuaian kebijakan untuk memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah, kanwil atau kantor Kemenag untuk menentukan pemberian izin pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah di bawah kewenangannya," kata Mendikbud Nadiem Makarim dalam siaran YouTube Kemendikbud RI, Jumat (20/11/2020).

Nadiem menyebut pemberian izin pembelajaran tatap muka bisa dilakukan serentak maupun bertahap, tergantung kesiapan masing-masing daerah dan berdasarkan diskresi maupun evaluasi kepala daerah. Sekolah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka harus melaksanakan protokol kesehatan yang sangat ketat.

"Kebijakan ini berlaku mulai semester genap tahun ajaran 2020/2021. Jadinya bulan Januari 2021. Jadi daerah dan sekolah diharapkan dari sekarang, kalau siap melakukan tatap muka, harus segera meningkatkan kesiapannya melaksanakan ini dari sekarang sampai akhir tahun," sebut Nadiem.

Selain Mendikbud, 3 menteri lain juga memberikan pernyataan terkait sekolah tatap muka. Selengkapnya ada di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5