Nadiem Izinkan Sekolah Tatap Muka, Pemkab Lebak Konsultasi ke Satgas Covid

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 16:57 WIB
Lebak -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memberikan izin agar sekolah tatap muka kembali dibuka di awal Januari 2021 di tengah pandemi. Pemkab Lebak langsung koordinasi dengan Satgas COVID-19 untuk pelaksanaan tersebut apakah bisa dilakukan atau tidak.

"Artinya (kebijakan tatap muka) diserahterimakan ke daerah masing-masing. Kalau dulu ada zona merah, oranye, kuning, nanti kita akan evaluasi (daerah) mana yang bisa sesuai dengan kondisi penyebaran COVID di tingkat kecamatan dan desa. Nanti kita bahas dengan Gugus Tugas," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak Wawan Ruswandi kepada detikcom, Lebak, Jumat (20/11/2020).

Untuk Lebak, menurut Wawan, pernah mencoba membuka kelas tatap muka di daerah tertentu. Namun hal itu kemudian dihentikan dengan berbagai alasan.

Mendengar Kemendikbud memperbolehkan tatap muka, Pemkab Lebak berharap bisa melakukannya. Namun, kata dia, hal tersebut bisa dilakukan bertahap sambil memetakan daerah mana yang memiliki tingkat risiko rendah penyebaran virus.

"Mudah-mudahan bisa kita mulai tahun ajaran baru. Jadi mudahan bisa kita mulai walaupun secara bertahap. Seperti dulu melihatnya kondisi risiko di tingkat bawah. Jadi tidak secara global kabupaten," ujar Wawan.

Risiko inilah yang akan dibuat pemetaannya oleh Dinas Pendidikan dengan koordinasi ke Satgas COVID19. Menurut Wawan, penyebaran virus sejauh ini masih tetap berubah. Kalau pun dibuka, ia menjelaskan, persetujuan harus berdasarkan pertimbangan dan keputusan bupati Lebak.

"Setelah ini kita akan bahas, termasuk bupati kan penanggung jawab. Semua ada di tangan ibu bupati sebagai penanggung jawab," ucap Wawan.

(bri/bbn)