Round Up

Kebijakan Baru Sekolah Tatap Muka Harus Seizin Pemda hingga Ortu

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Sabtu, 21 Nov 2020 06:10 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (kiri) menerima laporan Panitia Kerja (Panja) Pembelajaran Jarak Jauh dari Wakil Ketua Komisi X DPR Agustina Wilujeng Pramestuti (kanan) saat rapat kerja di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (27/8/2020). Rapat kerja tersebut  membahas tentang laporan keuangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun Anggaran 2019, proses hibah hak paten merdeka belajar serta kebijakan sekolah yang berada dalam zona hijau COVID-19. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/nz
Mendikbud Nadiem Makarim (Foto: ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI)
Jakarta -

Pengumuman! Pembelajaran tatap muka di sekolah masa pandemi virus Corona (COVID-19) dimulai Januari 2020. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memaparkan aturannya. Apa saja?

Pengumuman izin sekolah tatap muka itu disampaikan Nadiem dalam siaran YouTube Kemendikbud RI, Jumat (20/11/2020).

"Pemerintah pada hari ini melakukan penyesuaian kebijakan untuk memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah, kanwil atau kantor Kemenag untuk menentukan pemberian izin pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah di bawah kewenangannya," kata Nadiem.


Nadiem menyebut pihaknya sudah mengevaluasi hasil daripada SKB empat menteri sebelumnya. Nadiem melihat situasi hari ini bahwa hanya 13 persen daripada sekolah yang melakukan pembelajaran tatap muka dan sebesar 87 persen masih belajar dari rumah.

Nadiem menegaskan sekolah pembelajaran jarak jauh atau PJJ punya dampak negatif terhadap siswa maupun orang tua. Dampak itu termasuk psikososial.

"Mulai Januari 2021, ada tiga pihak yang menentukan apakah sekolah itu boleh dibuka atau tidak. Yang pertama adalah pemdanya sendiri, pemda atau dalam situasi yang lain kanwil atau kantor Kemenag," ucap Nadiem.

Nadiem menyebut ada tiga pihak yang bisa menentukan sekolah dapat dibuka atau tidak, siapa saja? Selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3