Sekolah Buka Lagi 2021, Tito: Jangan Sampai Anak-anak Euforia

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 15:58 WIB
Mendagri Tito Karnavian memberikan kuliah umum kepada Praja IPDN di Jatinangor, Jawa Barat.
Mendagri Tito Karnavian (Foto: dok. Puspen Kemendagri)
Jakarta -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan belajar tatap muka bisa dimulai pada 2021, tapi keputusan diserahkan kepada pemerintah daerah masing-masing. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengingatkan agar jangan sampai anak-anak sekolah mengabaikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Jangan sampai nanti dari anak-anak kita, mereka euforia (karena) selama sekian lama belajar di rumah kemudian belajar langsung tatap muka," kata Tito, Jumat (20/11/2020).

Tito berbicara dalam pengumuman penyelenggaraan pembelajaran semester genap tahun ajaran 2020/2021 di masa pandemi COVID-19. Pengumuman disiarkan kanal YouTube Kemendikbud RI.

Tito melanjutkan euforia mengenai pembukaan sekolah bisa mengakibatkan anak-anak sekolah lupa menjaga jarak saat kegiatan olahraga, seni, kegiatan ekstrakurikuler, maupun kegiatan belajar-mengajar kurikuler.

"Itu bisa menjadi media (penularan COVID-19) dan itu tidak akan mengundang simpati publik. Kebijakan yang ditandatangani ini betul-betul perlu dijaga, jangan sampai membuka peluang terjadinya kerumunan-kerumunan itu," kata Tito.

Tito menjelaskan, sebelum sekolah dibuka untuk tatap muka, dirinya akan menerbitkan surat edaran terlebih dahulu. "Sesegera mungkin kami akan menerbitkan surat edaran, minggu depan," kata Tito.

Selanjutnya, kepala daerah diminta bikin surat edaran:

Selanjutnya
Halaman
1 2