15 Tahun CT ARSA Foundation Perangi Kemiskinan dengan Pendidikan dan Kesehatan

Yulida Medistiara - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 20:08 WIB
Anita Ratnasari Tanjung  dan Chairul Tanjung
Anita Ratnasari Tanjung dan Chairul Tanjung (Foto: Dok. Istimewa)

Tak hanya itu, selama berkiprah 15 tahun CT ARSA Foundation juga melakukan terobosan-terobosan baru untuk bisa lebih mendekatkan kepada mereka yang tidak mampu, khususnya di daerah-daerah kumuh di sekitaran kota dengan memberikan fasilitasi pembelajaran, pendidikan, kesehatan untuk para pemulung dan anak anak terlantar. Misalnya dengan adanya Mobil Sehat yang memberikan fasilitas pelayanan kesehatan gratis.

"Kami mengajak para relawan relawan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial kami, melalui mobil sehat memberikan fasilitas pelayanan kesehatan secara gratis. Untuk menambah pengetahuan masyarakat yang tidak mampu di daerah kumuh kami pun menyiapkan Mobil Pintar dan Mobil Multimedia. Untuk mengajarkan anak-anak agar berakhlak lebih baik kami fasilitasi dengan Mobil Iqra di daerah Jakarta dan sekitarnya Jawa Barat dan Jawa Tengah," ujarnya.

Ia menambahkan inovasi lainnya berupa ARSA Mengaji yang ditayangkan setiap hari Jumat di YouTube CT ARSA Foundation. Kemudian, CT ARSA Foundation juga baru-baru ini menambah armada, yaitu Mobil Dapur Keliling dengan memberikan makanan sehat untuk para pemulung, korban bencana, dan anak anak yang tidak mampu untuk menjangkau masyarakat sehat dan sejahtera di seluruh wilayah Indonesia.

"Di dalam memberikan penyuluhan pendidikan dan kesehatan maupun tindakan operasi CT Arsa Foundation akan berkolaborasi dengan kapal Rumah Sakit apung kesatria Airlangga yang merupakan milik dari Ikatan Alumni Universitas Airlangga," ungkap Anita.

CT ARSA Foundation juga mendukung pemberdayaan masyarakat dan membina perajin serta UMKM di Indonesia. CT ARSA Foundation melakukan pelatihan para perajin untuk menghasilkan produk yang berkualitas sehingga produknya dapat dijual kembali di butik yang dimiliki CT ARSA Foundation, yang mana seluruh hasil keuntungannya diberikan kepada pegrajin itu sendiri.

Ungkapan Syukur Chairul Tanjung

Pengusaha Chairul Tanjung mengucapkan syukur yang setinggi-tingginya pada Allah SWT pada hari jadi 15 tahun CT ARSA Foundation. Chairul mengaku bersyukur dapat melakukan kontribusi membantu banyak orang.

"Tidak ada kata lain dan bukan kecuali kita menyampaikan rasa syukur kita ke hadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala Tuhan Yang Maha Esa karena pada hari ini kita semua bisa hadir walaupun secara virtual dalam acara bersyukur 15 tahun CT Arsa Foundation. Semuanya tentu kita berdoa seluruhnya dalam keadaan sehat walafiat dan tanpa kekurangan satu apapun," ujar Chairul.

"Saya tidak akan banyak berkata-kata kecuali ingin mengucapkan syukur, syukur, syukur alhamdulillah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala Tuhan Yang Maha Esa karena saya masih diberi kesempatan untuk berbuat baik untuk lebih banyak manusia lain. Karena kita memiliki bahasa yang universal bahwa sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang berguna untuk banyak orang lain. Itu yang ingin saya sampaikan," sambungnya.

Chairul juga berterimakasih kepada para semua pihak yang telah meluangkan waktu, pikiran, tenaga dan mengeluarkan dana untuk membantu sesama melalui CT ARSA Foundation. Ia berharap para relawan dan donatur mendapatkan balasan dari Allah SWT yang setimpal.

"Mudah-mudahan amal ibadah Bapak Ibu saudara-saudara sekalian yang mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah subhanahu wa ta'ala Tuhan Yang Maha Esa," sambungnya.

"Mudah-mudahan semuanya kita semua masih diberi kesempatan untuk bisa berbuat sebaik-baiknya untuk diri kita, untuk keluarga kita dan juga untuk sebanyak-banyaknya manusia lain di Bumi Pertiwi yang kita cintai," tutur pria yang akrab disapa CT itu.

Halaman

(yld/bar)