Mantan Kajari Jakpus Turut Berduka atas Kepergian Jurnalis Chaidir Tanjung

Andi Saputra - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 15:37 WIB
Chaidir Anwar Tanjung.
Foto: Chaidir Anwar Tanjung
Jakarta -

Mantan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat (Kajari Jakpus) Dr Sugeng Riyanta mengaku kaget mendengar jurnalis detikcom, Chaidir Tanjung, berpulang untuk selamanya. Kepergian Chaidir yang bertugas di Pekanbaru, Riau, itu sangat tiba-tiba.

"Almarhum mitra terbaik saya sewaktu saya dinas Aspidsus Riau 2016 sampai 2018," kata Sugeng kepada detikcom, Jumat (20/11/2020).

Chaidir berpulang di RS Eka Hospital, Pekanbaru, Kamis (19/11) menjelang tengah malam. Dia dilarikan ke rumah sakit beberapa jam sebelumnya dengan indikasi serangan jantung.

"Saya bersaksi, almarhum seorang insan yang baik, hangat dalam bergaul," ujar Sugeng.

Sugeng masih ingat betul pekan lalu dirinya ditelepon Chaidir. Wartawan dengan dua anak itu menanyakan nama lengkap beserta gelar Sugeng guna dicantumkan dalam buku yang akan diluncurkan Chaidir akhir bulan ini. Buku yang dimaksud adalah buku berjudul 'Bonita: Hikayat Sang Raja' yang akan di-launching di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Innalillahi Wa Innailahi roojiun, semoga almarhum Bang Chaidir husnul khotimah," ujar Sugeng.

Chaidir meninggalkan seorang istri dan dua orang anak, yaitu Hafizh, yang masih duduk di kelas VI SD, dan Fikih, yang kini duduk kelas IV SD.

Chaidir mulai menjadi wartawan detikcom pada 2000. Kala itu, media online tidak seperti sekarang ini, yang melaporkan berita, foto, dan video lewat e-mail atau WhatsApp.

Pada awal abad ke-21 itu, HP yang lazim baru bisa buat SMS dan telepon. Kala itu, Chaidir mengirim berita lewat warnet atau langsung lewat telepon dan diketik di kantor Jakarta.

Di awal-awal milenium itu, tidak mudah juga bagi Chaidir mengenalkan detikcom sebagai media online kepada narasumber. Masyarakat dan pejabat belum familiar dengan media online. Seiring berjalannya waktu, detikcom dan Chaidir menjadi satu kesatuan bagi masyarakat Riau pada khususnya.

Selain menjadi wartawan detikcom, Chaidir juga aktif di berbagai organisasi di Pekanbaru.

Selamat jalan, Bang Chaidir....

(asp/gbr)