Round-Up

Ancaman Persatuan dan Aksi Panglima Terjun Langsung Cek Pasukan

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 06:40 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengecek pasukan Marinir. (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Foto: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengecek pasukan Marinir. (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mendadak mengecek pasukan Kopassus, Marinir, dan Paskhas. Dia wanti-wanti soal ancaman yang menginjak-injak persatuan.

Panglima TNI mengatakan kesiapsiagaan adalah hal yang utama. Dia menerangkan prajurit harus hadir di tengah masyarakat untuk mendapatkan hati rakyat.

"Pagi hari ini saya merasa bangga, hadir di tengah-tengah prajurit petarung. Tidak seperti biasanya, saya secara mendadak melaksanakan alarm dan saya nilai kesiapsiagaan prajurit petarung sangat baik. Kebanggaan adalah kehormatan. Oleh sebab itu, harus dijaga dan dipertahankan," jelas Marsekal Hadi di markas Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (19/11/2020),

Panglima TNI kemudian memberikan pesan-pesan. Pesan persatuan dan kesatuan didengungkan terus karena memang ancaman terhadap persatuan itu ada.


Panglima TNI Ingatkan soal Ancaman yang Injak Persatuan

Panglima TNI berpesan TNI harus terus meningkat profesionalisme. Profesionalisme adalah nafas setiap prajurit, untuk itu tetaplah berlatih dan berlatih.

"Saya ingin menyampaikan bahwa tugas TNI adalah menjaga kehidupan ini dari gangguan dan ancaman musuh yang memiliki niat menginjak-injak persatuan dan kesatuan bangsa. Tidak ada sejengkal tanah pun di negeri ini yang diambil dan diinjak-injak, akan kita bela sampai titik darah penghabisan," kata Hadi.

Panglima TNI menambahkan operasi militer selain perang (OMSP) seperti memberikan bantuan bila ada bencana alam, pendisiplinan protokol kesehatan COVID-19, pemadaman kebakaran hutan, harus terus dilakukan. Dia pun mengatakan prajurit harus terus berlatih untuk menjaga profesionalisme.

"Saya yakin dengan latihan rutin, baik perorangan, tingkat pleton, tingkat kompi, tingkat batalion, apabila dilaksanakan dengan baik, profesionalisme akan tetap terjaga," tandas dia.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: