Beredar Video Kendaraan Taktis Koopssus TNI Show of Force di Depan Markas FPI

Matius Alfons, Jabbar Ramdhani - detikNews
Kamis, 19 Nov 2020 20:41 WIB
Jakarta -

Video sejumlah kendaraan milik TNI melintas di Jl KS Tubun, Petamburan, Jakarta Pusat (Jakpus), beredar di media sosial (medsos). Video ini menjadi sorotan karena sejumlah kendaraan sempat berhenti di jalan tersebut.

Dalam video yang beredar, setidaknya ada empat kendaraan milik TNI. Kendaraan yang paling kentara adalah kendaraan taktis 'Maung'.

Di samping bodi kendaraan bikinan PT Pindad tersebut tertulis 'Koopssus TNI'. Koopssus tak lain adalah Komando Operasi Khusus, pasukan elite milik TNI. Di dalam Koopssus terdapat pasukan elite dari tiga matra di TNI, yakni Den-81 Kopassus, Den-Jaka Marinir, dan Sat-Bravo Paskhas.

Selain Maung, terlihat dua truk hitam, satu mobil patroli, dan satu motor PM yang mengawal rombongan. Terdengar sirene dari kendaraan TNI tersebut 'meraung-raung' beberapa saat hingga akhirnya meninggalkan lokasi. Netizen menyebut momen ini sebagai ajang unjuk kekuatan TNI (show of force).

Viral kendaraan taktis Koopssus TNI (unjuk kekuatan) show of force di depan markas FPI di Petamburan (Screenshot video viral)Rombongan kendaraan taktis Koopssus TNI berhenti beberapa saat di depan markas FPI di Petamburan (Screenshot video viral)

Rombongan ini sempat berhenti di depan pelang SMP 1908. Di samping plang SMP tersebut terlihat plang DPP Front Pembela Islam (FPI).

Terkait peristiwa ini, TNI menyatakan tak ada hal khusus. Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad mengatakan rombongan tersebut dalam perjalanan setelah menggelar latihan.

Simak juga video 'TNI Respons Baliho Habib Rizieq Diturunkan Orang Berseragam Loreng':

[Gambas:Video 20detik]



Bagaimana penjelasannya?

Selanjutnya
Halaman
1 2