Momen Panglima TNI Unjuk Pasukan Elite Siap Lawan Perusak Persatuan

Elza Astari Retaduari - detikNews
Kamis, 19 Nov 2020 14:23 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama komandan pasukan khusus TNI
Foto: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama komandan pasukan khusus TNI. (Dok TNI).

Tak sampai satu minggu, tepatnya hari ini, Kamis (19/11/2020), Panglima TNI melakukan safari mengecek kesiapan pasukan khusus di tiga matra. Pertama, Panglima TNI Marsekal Hadi mendatangi Markas Kopassus TNI AD di Cijantung, Jakarta Timur..

Pagi tadi, Hadi disambut langsung oleh Danjen Kopassus Mayjen Mohamad Hasan. Begitu tiba, Marsekal Hadi langsung menginstruksikan agar seluruh pasukan Kopassus dikumpulkan. Mayjen Hasan langsung memberi komando agar seluruh pasukan dikumpulkan di lapangan.

Alarm pun langsung berbunyi. Seluruh pasukan Kopassus dari dalam gedung langsung berlari menuju lapangan. Panglima TNI pun mengecek pasukan Kopassus yang datang sudah lengkap dengan memakai seragam dan membawa peralatan.

Salah satu yang dicek Panglima TNI adalah prajurit Sat-81, yang merupakan special force anti-teror Kopassus. Setelah mengecek, Marsekal Hadi memberi pengarahan kepada prajurit korps baret merah. Panglima TNI menyinggung soal prajurit harus melindungi bangsa dari gangguan musuh yang mengancam persatuan bangsa.

"Kalian adalah ksatria bangsa yang siap ditugaskan untuk menjaga negara dan bangsa ini dari ancaman dan gangguan musuh yang ingin mencabik-cabik kesatuan dan persatuan bangsa," kata Marsekal Hadi di hadapan Prajurit Kopassus.

Untuk itu, Panglima TNI meminta agar pasukan Kopassus terus berlatih mengasah kemampuan.

"Oleh sebab itu, saya perintahkan kalian untuk berlatih dan berlatih untuk meningkatkan performa tempur prajurit profesional. Kesenyapan adalah profesionalitasmu. Berani benar dan berhasil, komando," tuturnya.

Setelah dari Kopassus, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto langsung menuju markas Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan. Dankormar Marinir TNI AL Mayjen (Mar) Suhartono dan jajarannya langsung menyambut kedatangan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Sama seperti di Kopassus, Panglima TNI langsung meminta pasukan khusus TNI AL tersebut untuk berkumpul. Lonceng langsung dibunyikan. Seluruh pasukan langsung berlari dan berkumpul di lapangan. Semua pasukan memakai seragam dan membawa peralatan lalu berbaris saat sampai di lapangan.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengecek pasukan Marinir. (Sachril Agustin Berutu/detikcom)Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengecek pasukan Marinir. (Sachril Agustin Berutu/detikcom).

Tak hanya itu, kendaraan alutsista pun dikeluarkan dan dibawa ke lapangan lalu dibariskan. Panglima TNI lalu berkeliling mengecek pasukan.

Marsekal Hadi bertanya ke beberapa prajurit, termasuk personel khusus TNI AL dari Denjaka. Hadi bertanya mengenai latihan yang dilakukan, kendala pengoperasian alutsista, dan beberapa hal lain.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ingatkan prajurit untuk menjaga negara dari ancaman musuh yang ancam persatuan. Selengkapnya di halaman sebelah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3