Komentar Kepala Lapan soal Meteorit di Sumut Dibeli Warga AS Rp 200 Juta

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 19 Nov 2020 12:41 WIB
Seorang warga di Dusun Sitambarat, Kolang, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, membuat heboh karena menyebut rumahnya ditiban meteor. Buktinya adalah atap rumah bolong dan sebongkah batu.
Seorang warga di Dusun Sitambarat, Kolang, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, membuat heboh karena menyebut rumahnya ditiban meteor. (Abdi Somat Hutabarat/detikcom)
Jakarta -

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin angkat bicara soal temuan meteorit di Tapanuli Tengah, Sumut, yang jatuh di rumah warga. Thomas mengatakan, secara umum, meteorit yang jatuh bisa dimiliki siapa saja yang menemukan.

"Meteorit adalah batuan antariksa yang biasa jatuh di suatu tempat di bumi. Secara umum, meteorit bisa dimiliki oleh setiap orang yang menemukannya," ujar Thomas kepada wartawan, Kamis (19/11/2020).

Thomas menuturkan, Lapan bisa menindaklanjuti terkait benda asing apabila memiliki nilai ilmiah atau terkait keamanan. Dia menilai meteorit yang jatuh di Tapanuli Tengah itu jenis meteor biasa.

"Kecuali ada nilai ilmiah atau terkait keamanan dan keselamatan yang perlu ditindaklanjuti Lapan. Meteorit yang jatuh di Sumatera Utara sama seperti umumnya meteorit. Saya tidak tahu tentang nilai ekonomi batu meteorit," jelas dia.

Seperti diketahui, batu meteorit tersebut jatuh menimpa rumah Josua di Kolang, Tapanuli Tengah, Sabtu (1/8) sore. Saat itu, Josua mengaku mendengar suara riuh dari langit.

Dia kemudian mendengar suara dentuman keras. Saat dicek, atap rumahnya antara ruang tengah dan dapur sudah bolong.

Dia juga menemukan tanah di rumahnya sudah berlubang sekitar 15 cm. Tanah di sekitar lubang itu terlihat mengering. Josua mengatakan batu meteorit itu awalnya terasa panas saat baru ditemukan.

Lihat juga video 'Detik-detik Benda Diduga Meteor Melintas di Langit Pennsylvania AS':

[Gambas:Video 20detik]



Cerita Josua batu meteor bisa laku Rp 200 juta. Simak halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2