Desa Bilebante Bersiap Rebut Best of The Best Lomba Kampung Sehat NTB

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 18 Nov 2020 22:22 WIB
Polda NTB
Foto: Polda NTB
Jakarta -

Desa Bilebante Kecamatan Pringgarata Lombok Tengah mendapat Juara I Lomba Cipta Kampung Sehat (Nurut Tatanan Baru) tingkat kabupaten. Selain itu, Desa Bilebante juga masuk nominasi kampung terbaik di ajang Kampung Sehat Awards yang diselenggarakan oleh Polda NTB.

"Kami memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada warga. Patut dijadikan contoh bagi desa lain di Lombok Tengah khususnya dan NTB umumnya," ujar Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto dalam keterangan tertulis, Rabu (18/11/2020).

Menurut Artanto seluruh warga di delapan dusun yang ada termasuk pemerintah desa sangat mendukung program Polda NTB tersebut. Ia berharap Desa Bilebante dapat memaksimalkan perannya dalam mengimplementasikan makna kampung sehat.

"Dalam waktu dekat Desa Bilebante juga akan menerima akreditasi desa wisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Dokumen tersebut menjadi catatan bahwa, Desa Bilebante menjadi desa terbaik dalam tata kelola desa wisata," ungkapnya.

"Baik menyangkut tata kelola objek wisata, tata kelola pemberdayaan ekonomi masyarakat, tata kelola pangan sehat, tata kelola usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta tata kelola keamanan masyarakat," imbuh Artanto.

Lebih lanjut, Artanto menambahkan pada bulan Februari 2021 nanti, Polda NTB akan kembali menggelar Lomba Kampung Sehat Awards dengan nominasi Desa Best of The Best.

Persiapan menuju akreditasi desa wisata dan Desa Best Of The Best sudah mulai dilaksanakan di Desa Bilebante. Mulai dari gotong royong membersihkan kuburan umum, kebersihan lingkungan desa hingga kebersihan rumah-rumah warga.

(akn/ega)