TNI-Polri Olah TKP 2 Anggota Ali Kalora Ditembak Mati di Parimo

Elza Astari Retaduari - detikNews
Rabu, 18 Nov 2020 22:06 WIB

"Setelah beberapa hari melakukan pengejaran, akhirnya pada hari Selasa 17 November 2020 anggota Satgas Tinombala berhasil mengepung kedua DPO tersebut. Pada saat akan ditangkap kedua DPO melakukan perlawanan sehingga dilakukan tindakan tegas terukur yang menyebabkan kedua DPO kelompok MIT meninggal dunia di TKP," tutur Kolonel Jaelani.

Dia mengatakan upaya penangkapan DPO kelompok MIT ini hasil sinergi TNI-Polri serta masyarakat. Kerja sama ini dibangun untuk menyelesaikan permasalahan aksi-aksi kejahatan yang dilakukan kelompok MIT.

Barang bukti yang diamankan Satgas Tinombala di antaranya 1 pucuk senjata revolver, 2 buah bom lontong, 20 butir munisi 5,56 mm, 4 butir munisi revolver, 1 buah GPS, 1 buah kompas, 2 buah head lamp, 6 buah korek api, kunci motor, uang tunai Rp 360 ribu, 1 renceng antinyamuk, 9 buah baterai, 3 bungkus kopi, 2 pasang sepatu, 2 tas selempang, 2 tas gendong, 1 buah terpal, 1 sisir dari jarum, 1 cermin, 2 sikat gigi, dan pakaian.

2 DPO Anggota MIT ditembak mati polisi (Qadri-detikcom).Dua DPO Anggota MIT ditembak mati polisi (Qadri-detikcom)

Saat ini anggota MIT tersisa 11 orang. Diketahui kelompok yang kerap menyerang dan mengintimidasi warga sipil dan menyerang aparat ini kerap keluar dari hutan dan masuk ke kota.

Aparat terus melakukan pengejaran terhadap mereka. Aparat mengimbau mereka menyerahkan diri.

"Harapan kita, yang lain itu (sisa DPO) segara menyerahkan diri secara baik-baik untuk dilakukan proses hukum. Kalau tidak, apa boleh buat," kata Kapolda Sulteng Irjen Abdul Rakhman Baso kepada wartawan setelah membuka pendidikan pembentukan Bintara Polri tahun 2020 di SPN Polda Sulteng, Donggala, Selasa (17/11).

Kabid Humas Polda Sulawesi Tengah Kombes Didik Supranoto mengatakan Wahid alias Aan alias Bojes sebelumnya dilaporkan oleh warga berada di daerah Kelurahan Mamboro, Kota Palu. Sehingga dilakukan penyisiran oleh Satgas Tinombala di daerah Mamboro pada pekan lalu.

Halaman

(jbr/idh)