Gubsu Akan Beri Siswa SMA Sederajat Bantuan Rp 35 Ribu untuk Bayar SPP

Ahmad Arfah Fansuri - detikNews
Rabu, 18 Nov 2020 13:30 WIB
Gubsu Edy Rahmayadi /(Ahmad Arfah-detikcom)
Gubsu Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi berjanji membantu biaya sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) para siswa. Bantuan ini akan diberikan Rp 35 ribu untuk tiap siswa.

"Kalau sekarang adalah memberikan stimulus SPP anak sekolah. Kemarin mau saya bikin Rp 50 ribu, tak kuat uangnya karena ada COVID. Sehingga diturunkan menjadi Rp 35 ribu," kata Edy di rumah dinasnya, Rabu (18/11/2020).

Edy mengatakan rencana pemberian bantuan kepada siswa ini usai pihaknya menaikkan gaji guru honorer. Edy mengatakan pihaknya sebelumnya menaikkan gaji guru honorer Rp 50 ribu.

"Kalau yang lalu saya sampaikan yaitu membayar uang honorer dari Rp 40 ribu jadi Rp 90 ribu," ucapnya.

Edy mengatakan bantuan ini akan diberikan mulai 2021 besok. Dia mengatakan bantuan ini akan diberikan untuk siswa SMA sederajat.

"SMA, SMK, STM," tuturnya.

Edy tidak menjelaskan apakah siswa di sekolah swasta atau negeri yang berhak mendapatkan ini. Dia menjelaskan bantuan ini diberikan dengan pemotongan langsung kepada uang SPP.

"Jadi ke depan kalau anak sekolah itu uang sekolah bayarnya Rp 50 ribu per bulan, nantinya menjadi tinggal Rp 15 ribu," jelas Edy.

Edy mengatakan bantuan kepada siswa ini sudah disepakati dengan DPRD. Kesepakatan dilakukan saat penandatanganan Nota Kesepakatan KUA dan PPAS APBD Tahun Anggaran 2020 yang dilakukan di DPRD Sumut semalam.

Edy menjelaskan beberapa sektor yang menjadi prioritas dalam penandatanganan semalam. Persoalan bantuan SPP ini masuk dalam kategori pendidikan.

"Pertanian, peternakan, dengan pariwisata, itu dalam satu kelompok. Kelompok kedua adalah infrastruktur dan pendidikan," paparnya.

(aud/aud)