Diduga Dampak Blasting Tambang Semen di Sukabumi, 2 Warga Pingsan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rabu, 18 Nov 2020 05:39 WIB
Ilustrasi anak pingsan
Foto: Ilustrasi (iStock)
Sukabumi -

Dua orang warga Kampung Leuwidinding, Desa Tanjungsari, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi jatuh pingsan setelah mendengar ledakan yang berasal dari area tambang milik salah satu perusahaan semen di Sukabumi, Jawa Barat.

Kabar itu tersebar di aplikasi pesan yang diterima detikcom, Selasa (17/11/2020). Pihak kepolisian membenarkan kejadian tersebut dan menyebut peristiwa itu terjadi pada Senin (16/11).

"Peristiwa itu terjadi pada Senin (16/11) sekitar pukul 13.00 WIB, anggota kami bersama Babinsa Serda Ahdiat mengecek ke lokasi soal informasi ada warga terdampak blasting yang terjadi sekitar pukul 11.00 WIB," kata Kapolsek Jampang Tengah, AKP Usep Nurdin kepada detikcom.

Warga yang diduga terkena dampak blasting masing-masing bernama Elis (40) ibu rumah tangga dan Aan (60), menurut keduanya kepada polisi mereka pingsan dan terjatuh usai mendengar ledakan dari area tambang.

"Korban mengaku langsung pingsan dan terjatuh selanjutnya korban dibawa ke Klinik Harapan Hidup untuk penanganan medis dan dirujuk ke RSUD R Syamsudin," lanjut Usep.

Selain kedua korban polisi juga menerima laporan terkait adanya sebagian rumah-rumah yang retak dampak dari getaran blasting.

"Bhabinkamtibmas memberikan support kepada keluarga korban dan selanjutnya menindaklanjuti dampak dari blasting tersebut dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Desa dan PT TSS guna penanganan lebih lanjut," pungkas Usep.

(sya/rfs)