Ramai Tagar #SaveKawanSukarna, Kisah Petani Sukabumi Korban Penganiayaan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 21:42 WIB
Petani Sukarna
Sukarna petani Sukabumi yang menjadi korban penganiayaan. (Foto: tangkapan layar Facebook)
Sukabumi -

Beberapa aktivis pertanian di Kabupaten Sukabumi meramaikan tagar #SaveKawanSukarna pada beranda akun media sosialnya. Mereka juga ramai-ramai mem-posting foto seorang pria bernama Sukarna. Informasi diperoleh, Sukarna adalah petani asal Jampang Tengah, Sukabumi, yang diduga dianiaya seseorang lantaran persoalan lahan.

Selain petani penggarap di perusahaan eks perkebunan, Sukarna merupakan ketua RT di Desa Panumbangan, Kecamatan Jampang Tengah. Persoalan penganiayaan terhadap Sukarna dilaporkan ke polisi.

Tagar digaungkan aktivis ini diharapkan agar polisi menyelidiki lebih dalam kasus itu. "Antara pelaku dan korban ini bertetangga, perselisihan bermula ketika korban ini pak Sukarna membangun saung petani. Hanya si pelaku tidak setuju karena dianggap mengganggu, karena sebelumnya ada persoalan perkebunan," kata Ketua DPC Serikat Petani Indonesia (SPI) Sukabumi Rozak Daud, Selasa (17/11/2020).

Rozak menduga ada motif lain terkait aksi kekerasan tersebut. Ia mendorong polisi mengusut tuntas perkaranya. "Ada persoalan lain di luar penganiayaan dan harapan kami agar polisi mengungkap lebih dalam," ucap Rozak.

Selanjutnya
Halaman
1 2