Sholat Istikharah: Cara, Niat, Bacaan, Doa, hingga Keutamaannya

Tim hikmah detikcom - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 22:16 WIB
sholat tahajud
Foto: istock/Sholat Istikharah: Cara, Niat, Bacaan, Doa, hingga Keutamaannya
Jakarta -

Sholat istikharah adalah sholat sunah dua rakaat untuk memohon pertolongan kepada Allah dalam menunjukkan pilihan terbaik di antara dua pilihan. Sholat itu dapat dilakukan secara tersendiri atau pun menyatu dengan sholat sunah lainnya.

Cara mengerjakan sholat istikharah sama seperti sholat sunah biasa. Dilakukan dua rakaat dan langsung salam.

Waktu mengerjakan sholat istikharah seperti sholat tahajud dan sholat hajat. Karena itu waktunya lebih tepat dikerjakan malam hari agar selekasnya Allah mengabulkan apa yang diharapkan dan memberi petunjuk atas persoalan kita.

Rakaat pertama sholat istikharah membaca surat Al Fatihah kemudian Al Kafirun. Rakaat kedua membaca surat Al Fatihah lalu Surat Al Ikhlas.

Keutamaan sholat istikharah yakni kita menetapkan keputusan kepada Allah. Apapun hasilnya, Allah akan memberikan yang terbaik.

Niat sholat istikharah:

أصلى سنة الإستخارة ركعتين لله تعالى

Usholli sunnatal istikhooroti rok'ataini lillahi ta'aalaa.

Artinya:

"Aku niat sholat sunah istikharah dua rakaat karena Allah ta'ala."

Setelah niat, sholat seperti biasa sebanyak dua rakaat.

Bacaan dan Doa Selesai Sholat Istikharah dilansir dari Dahsyatnya Shalat Sunnah oleh Maulana Muhammad yakni:


اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepadaMu, dengan ilmu pengetahuanMu, dan aku mohon kekuasaanMu (untuk mengatasi persoalanku) dengan keMaha KuasaanMu. Aku mohon kepadaMu sesuatu dari anugerahMu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya, dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (Orang yang mempunyai hajat hendaknya menyebut persoalannya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku sukseskanlah untuk ku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah. Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untuk ku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaanMu kepadaku."


Setelah berdoa, Allah akan memberikan petunjuk atas doa kita. Contohnya jika Allah berkenan menerima, dalam mimpi akan diperlihatkan tanda dari masalah yang akan dipilih misalnya tentang jodoh diibaratkan burung merpati. Jika terlihat dalam mimpi burung berwarna putih maka tanda orang baik. Jika burung berwarna hitam dia orang tidak baik dan hubungan jangan dilanjutkan.

Tentang pekerjaan setelah sholat istikharah, biasanya diperlihatkan sebuah pohon. Jika pohon itu rindang, maka Insya Allah pekerjaan yang akan dimasuki penuh barokah. Sebaliknya jika terlihat pohon itu gersang maka pekerjaan itu kurang baik untuk dimasuki.

(nwy/erd)