Anies Serahkan Penyampaian Isi Klarifikasinya soal Kerumunan HRS ke Polisi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 19:49 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi undangan Polda Metro Jaya untuk klarifikasi soal kerumunan di acara Habib Rizieq Shihab, Selasa (17/11/2020).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan merinci seputar pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan penyidik Polda Metro Jaya kepada dirinya. Anies mengatakan hal-hal detail soal materi klarifikasi lebih baik disampaikan pihak kepolisian.

"Adapun detail isi pertanyaan, klarifikasi, dan lain-lain, biar nanti menjadi bagian dari pihak Polda Metro Jaya untuk nanti meneruskan dan menyampaikan sesuai dengan kebutuhan. Itu saja," kata Anies di Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (17/11/2020).

Namun Anies memastikan dirinya telah menjawab semua pertanyaan penyidik. Anies menekankan dirinya menjawab pertanyaan sesuai dengan fakta.

"Semuanya sudah dijawab sesuai fakta yang ada. Tidak ditambah, tidak dikurangi," ujar Anies.

Anies menuturkan dirinya diberi 33 pertanyaan oleh penyidik. Jawaban atas pertanyaan itu pun terangkum dalam 23 halaman.

Untuk diketahui, polisi memanggil Anies terkait kerumunan massa pemimpin FPI Habib Rizieq Syihab. Anies tiba di Polda Metro Jaya pada pukul 09.40 WIB tadi untuk memenuhi panggilan klarifikasi.

"Saya menerima undangan klarifikasi tertanggal 15 November 2020 yang saya terima kemarin 16 November, sampai di kantor pukul 14.00 WIB siang, mengundang saya untuk memberikan klarifikasi pada tanggal 17 (November) jam 10.00 WIB," kata Anies Baswedan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, pagi tadi.

Anies Baswedan mengaku hadir sebagai warga negara yang baik.

"Jadi hari ini saya datang sebagai warga negara untuk memenuhi undangan dari Polda. Itu saja," ucap Anies.

(aud/fjp)