2 Bocah di Buleleng Diduga Keracunan Kerupuk Kulit Ikan Buntal, 1 Tewas

Angga Riza - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 19:37 WIB
Suasana rumah bocah keracunan kerupuk kulit ikan buntal (dok Polres Buleleng)
Suasana rumah bocah keracunan kerupuk kulit ikan buntal (Foto: dok. Polres Buleleng)
Denpasar -

Dua bocah di Buleleng, Bali, diduga keracunan setelah memakan kerupuk kulit ikan buntal. Satu korban berinisial PAMS (11) meninggal dunia dan satu korban KATP (5) masih dalam perawatan di RSUD Buleleng.

Kejadian bermula saat kedua korban bermain, lalu memakan kerupuk di kediaman korban KATP. Kerupuk tersebut merupakan buatan orang tua KATP dari hasil memancing.

"Bermain ke rumah korban KATP, sesampainya di rumah korban, kedua korban memakan kerupuk kulit ikan buntal yang ada dalam stoples. Buat sendiri (kerupuknya) hasil laut alias mancing," kata Kasubbag Humas Polres Buleleng Iptu I Gede Sumarjaya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/11/2020).

Setelah memakan kerupuk kulit ikan buntal, kedua korban mengalami muntah-muntah dan dilarikan ke puskesmas terdekat. Keduanya lalu dirujuk ke RSUD Buleleng.

"Sesampai di rumah, korban 1 PAMS muntah-muntah dan langsung lemas, kemudian disusul oleh korban 2 KATP dengan gejala yang sama," ujar Sumarjaya.

Korban PAMS sempat dirawat di RSUD Buleleng tapi akhirnya dinyatakan meninggal dunia. Sementara itu, korban KATP sudah sadarkan diri dan saat ini masih dirawat di RSUD Buleleng.

"Melihat kejadian tersebut, saksi kemudian mengajak kedua korban ke Puskesmas Gerokgak 2, Desa Pejarakan. Dari Puskesmas, kedua korban dirujuk ke RSUD Buleleng. Setelah di RSUD, korban 1 sempat dirawat, selanjutnya dinyatakan meninggal dunia. Dan korban 2 saat ini sadar masih dirawat di RSUD Buleleng," ungkap Sumarjaya.

"Kedua korban saling berhubungan keluarga dekat, dan kedua belah pihak tidak mempermasalahkan adanya kasus ini, tidak menuntut, dan menerima sebagai musibah," tambahnya.

(jbr/jbr)