Massa Demo di Kemdikbud Bubar, PPSU Bersihkan Sampah

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 18:22 WIB
Massa aksi demonstrasi di depan Kemdikbud mulai bubar, sisakan sampah.
Foto: Adhyasta Dirgantara/detkcom
Jakarta -

Massa aksi demonstrasi di depan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah membubarkan diri. Mereka membubarkan diri secara tertib tapi meninggalkan sampah di lokasi.

Pantauan detikcom, Selasa (17/11/2020), massa bubar pada pukul 17.40 WIB. Mereka pulang dengan menggunakan mobil komando, bus, mobil, serta sepeda motor.

"Tanamkan kedisiplinan bahwa kalian baik. Silakan meninggalkan lokasi dengan baik dan kembali ke tempatnya masing-masing," ujar Wakapolres Jakarta Pusat AKBP Heribertus Ompusunggu dengan pengeras suara di depan Kemdikbud.

Tidak sedikit sampah yang berserakan di depan Kemdikbud. Saat ini beberapa petugas Penanganan Prasarana & Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Gelora sedang membersihkan area.

Massa menyebut akan kembali demonstrasi terhadap UU omnibus law pada 10 Desember 2020. Namun belum jelas di mana lokasi aksi tersebut akan dilaksanakan.

"10 Desember momentum hak asasi manusia akan kembali turun ke jalan secara nasional, masih terkait omnibus law," kata seorang pria dari atas mobil komando.

(aik/aik)