Kapolri Tunjuk Irjen Fadil Imran Jadi Kapolda Metro, Gantikan Irjen Nana

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 16 Nov 2020 16:28 WIB
Kapolda Jatim Irjen Fadil Imran
Kapolda Jawa Timur, Irjen Fadil Imran (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Jakarta - Kapolri Jenderal Idham Azis telah mencopot Irjen Nana Sudjana dari jabatan Kapolda Metro Jaya karena tak melaksanakan penegakan protokol kesehatan COVID-19. Idham menunjuk Irjen Fadil Imran, yang saat ini menjabat Kapolda Jawa Timur (Jatim), untuk menggantikan Nana.

"Sesuai dengan telegram Kapolri Nomor ST/3222/XI/Kep/2020 tanggal 16 November 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di lingkungan Polri, yaitu Irjen Pol Nana Sudjana, Kapolda Metro Jaya diangkat jabatan baru sebagai Korsahli Kapolri. Kemudian Irjen Muhammad Fadil Imran, Kapolda Jawa Timur, diangkat jabatan baru sebagai Kapolda Metro Jaya," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jaksel. Senin (16/11/2020).

Sementara itu, Argo juga menjelaskan pengganti Irjen Rudy Sufahriadi dalam jabatan Kapolda Jawa Barat (Jabar). Irjen Rudy akan digantikan Irjen Ahmad Dofiri, yang saat ini menjabat Asisten Kapolri bidang Logistik (Aslog).

"Kedua, Irjen Rudi Sufahradi, Kapolda Jawa Barat, diangkat dalam jabatan baru sebagai Widyaiswara Tingkat I Lemdiklat Polri. Kemudian penggantinya, Irjen Ahmad Dofiri, sebagai Kapolda Jawa Barat," tutur Argo.

Sebelumnya, Polri mengumumkan keputusan pencopotan dua kapolda yang dinilai gagal menegakkan protokol kesehatan COVID-19. Kedua kapolda adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi.

"Ada dua kapolda yang tidak melaksanakan perintah dalam menegakkan protokol kesehatan, maka diberikan sanksi berupa pencopotan," kata Argo sebelumnya.

"Yaitu Kapolda Metro Jaya dan Kapoda Jawa Barat," sambung Argo.

Tonton video 'Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jabar Dicopot':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/fjp)