Yasonna Minta RUU Minuman Beralkohol Tak Jadi Polemik: Masih Sebatas Rencana

Tim detikcom - detikNews
Senin, 16 Nov 2020 15:44 WIB
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly
Foto: Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. (Andhika-detikcom)
Jakarta -

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyebut pemerintah belum membahas soal kemungkinan memasukkan RUU Larangan Minuman Beralkohol ke Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2021. Pemerintah belum mengambil sikap terkait RUU tersebut, karena menurut Yasonna pembahasannya masih berlangsung di badan legislasi (Baleg) DPR.

"Hingga saat ini kami masih belum membahas tentang kemungkinan dimasukkannya RUU Larangan Minuman Beralkohol ke Prolegnas 2021 yang akan segera ditetapkan bersama oleh Pemerintah dan DPR," kata Yasonna dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/11/2020).

"Kami mendengar Badan Legislasi DPR sendiri belum satu bahasa terkait RUU Larangan Minuman Beralkohol ini. Karenanya, Pemerintah masih dalam posisi melihat dulu bagaimana perkembangannya," lanjutnya.

Yasonna meminta masyarakat tak perlu terlibat dalam polemik terkait RUU Larangan Minuman Beralkohol. Sebab, menurut Yasonna, membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk diputuskan lanjut atau tidak pembahasannya.

"RUU Larangan Minuman Beralkohol merupakan usulan atau inisiatif dari beberapa anggota DPR dan masih dalam pembahasan. Proses serta kajiannya masih panjang sebelum DPR mengambil keputusan apakah RUU ini akan dilanjutkan atau tidak," ucap Yasonna.

Apalagi, RUU ini masih sebatas rencana dan belum resmi menjadi usulan inisiatif DPR. Dia meminta tidak perlu lagi ada polemik yang berkepanjangan.

"RUU ini juga belum resmi sebagai usul inisiatif DPR, masih sebatas rencana yang diajukan ke Baleg. Karenanya, saya berharap tidak perlu ada polemik berlebihan terkait RUU Larangan Minuman Beralkohol ini di tengah masyarakat," ujar politikus PDIP ini.

Tonton video 'Sanksi Bui 2 Tahun dan Poin Penting di RUU Larangan Minuman Beralkohol':

[Gambas:Video 20detik]



Baleg DPR kini kembali membahas RUU Larangan Minuman Beralkohol, simak berita selengkapnya di halaman berikut.