Anggota DPR Dukung TNI Lepas Prajurit yang Nyanyi Sambut Habib Rizieq

Farih Maulana Sidik - detikNews
Minggu, 15 Nov 2020 07:20 WIB
Jakarta -

Serka BDS, prajurit TNI AU yang menyanyikan lagu sambutan atas kedatangan Habib Rizieq Syihab, dilepas setelah sempat ditahan. Anggota Komisi I DPR RI mendukung langkah TNI AU melepas Serka BDS.

"Komisi I DPR mendukung keputusan institusi TNI AU melepaskan prajuritnya yang mengunggah dukungan kepulangan Rizieq Shihab," kata anggota Komisi I DPR RI Fraksi NasDem Willy Aditya, kepada wartawan, Sabtu (14/11/2020).

Komisi I DPR RI sendiri memiliki ruang lingkup mitra kerja dengan TNI. Dengan dilepasnya Serka BDS, Willy percaya bahwa TNI memiliki mekanisme pemeriksaan dan pendisiplinan tinggi untuk menyikapi kasus semacam itu.

"Sejak awal perekrutan anggota TNI sudah melalui proses pemeriksaan mental dan disiplin dan kondisi demikian terus dipantau," ujar Willy.

Willy juga mendorong agar TNI AU meningkatkan kapasitas dan kapabilitas literasi digital sesuai dengan kelembagaan TNI sebagai aparat militer bersenjata. Hal itu dilakukan demi mencegah peristiwa serupa kembali terjadi.

"Ini pernah juga dilakukan terhadap ASN dalam konteks ASN sebagai aktor pelayanan publik yang wajib menjaga netralitas," katanya.

Seperti apa kasus Serka BDS ini? Simak di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2