Ada Maulid-Nikahan Putri HRS, Jl KS Tubun Arah Tanah Abang Bakal Ditutup

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 14 Nov 2020 12:38 WIB
Tenda terpasang di Jl KS Tubun menjelang nikahan putri Habib Rizieq dan peringatan Maulid Nabi SAW.
Tenda terpasang di Jl KS Tubun menjelang pernikahan putri Habib Rizieq dan peringatan Maulid Nabi SAW. (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putri Habib Rizieq Syihab, Syarifah Najwa Syihab, bakal digelar malam ini di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus). Fasilitas berupa panggung akan dipasang di jalan raya atau lebih tepatnya di Jalan KS Tubun.

Nantinya akses Jalan KS Tubun menuju Tanah Abang akan dialihkan. Sedangkan jalan menuju arah Slipi tidak akan ditutup sehingga bisa dilalui secara normal.

"Bahasanya bukan ditutup ya, dialihkan ke belakang Brimob, terus masuk lewat Polytron, lalu langsung ke Tanah Abang. Kalau ke Slipi lurus terus kita nggak tutup," ujar Ketua Panitia Maulid Haris Ubaidillah di Petamburan, Sabtu (14/11/2020).

Selain itu, Haris menyampaikan persiapan perayaan Maulid Nabi dan pernikahan akan dilakukan sejak sore nanti. Namun penutupan jalan akan diterapkan sejak siang karena ada pemasangan panggung.

"Dari Magrib kita udah siap-siap panggung dan segala macam dari sore. Kalau penutupan jalan pemasangan panggung sekitar siang jam-jam 11 atau 12," terangnya.

Dia mengatakan pengalihan arus lalu lintas bakal dibantu oleh sejumlah pihak, seperti kepolisian, dinas perhubungan, hingga Laskar Pembela Islam (LPI).

Ketua Panitia Maulid Nabi di Petamburan, Haris Ubaidillah, menjelaskan soal pengaturan acara di lokasi. Termasuk soal pernikahan putri Habib Rizieq (Adhyasta Dirgantara/detikcom)Ketua Panitia Maulid Nabi di Petamburan, Haris Ubaidillah, menjelaskan soal pengaturan acara di lokasi. Termasuk soal pernikahan putri Habib Rizieq. (Adhyasta Dirgantara/detikcom)

"Kalau persiapan keamanan itu di sini kita sudah persiapkan, nanti akan dibantu oleh kepolisian, dan dishub juga untuk mengatur arus lalu lintas. Seluruh laskar yang ada di DKI ini akan kita kerahkan untuk sama-sama menjaga protokol kesehatan," tandasnya.

Polisi Siapkan Rekayasa Lalin

Polisi menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) di Jalan KS Tubun, Petamburan, Jakarta Pusat, menjelang acara pernikahan putri Habib Rizieq Syihab. Polisi akan melakukan pengalihan arus lalu lintas secara situasional di lokasi.

"Pengalihan arus sifatnya situasional," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar dalam keterangan kepada wartawan, Sabtu (14/11).

Fahri mengatakan, saat ini Jl KS Tubun di kedua arah masih bisa dilintasi kendaraan. Rangkaian pernikahan putri Habib Rizieq dan peringatan Maulid Nabi SAW digelar pukul 19.30 WIB.

Hal senada diungkapkan Kasat Lantas Polres Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardi. Lilik mengatakan pengalihan arus diberlakukan jika massa menutupi Jl KS Tubun.

"(Rekayasa) dengan catatan apabila massa sudah penuh. Kalau belum, ya normal saja. Pengalihan arus situasional," ucap Kasat Lantas Polres Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardi.

Lalu lintas di Jl KS Tubun di kedua arah akan ditutup jika terjadi penumpukan massa. Lalu lintas dialihkan ke jalan di sekitarnya.

Sejumlah pihak mengingatkan soal protokol kesehatan agar tak ada penularan dan penyebaran virus Corona di acara Maulid Nabi dan pernikahan putri Habib Rizieq. Imbauan ini bisa dilihat di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2