ADVERTISEMENT

Pahlawan Papua Barat

Machmud Rumagesan: Tolak Bendera Belanda hingga Rencana Sorong Lautan Api

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 14 Nov 2020 11:00 WIB
Ilustrasi Papua yang digunakan Jokowi saat sampaikan duka cita untuk korban banjir Sentani. (Dok Twitter @jokowi)
Ilustrasi Papua (Dok Twitter @jokowi)
Jakarta -

Bandung lautan api menjadi satu-satunya peristiwa 'bakar-bakaran kota' untuk melawan Belanda. Strategi serupa juga nyaris dijalankan di Sorong, Papua. Pahlawan Nasional Machmud Singgirei Rumagesan menjadi motor perjuangan kala itu.

'Keras dan tajam' memang menjadi nama tengahnya, yakni 'singgirei' dalam bahasa Kokas, bahasa masyarakat Kerajaan Sekar. Keras dan tajamnya Machmud diceritakan oleh Rosmaida Sinaga dan Abdul Syukur dalam buku 'Machmud Singgirei Rumagesan: Pejuang Integrasi Papua', terbitan Ruas.

Machmud Rumagesan Sang Raja Sekar mengawali 'reputasi keras' lewat peristiwa penurunan bendera Belanda di wilayahnya.

Pada 1946, Jepang belum lama bertekuk lutut kepada Sekutu. Belanda kembali berkuasa di Papua. Pasukan Sekutu mengumpulkan para raja di Fakfak dan memerintahkan semua raja menaikkan bendera Belanda. Rumagesan sendiri menghadiri pertemuan itu namun emoh manut.

Machmud tidak mau tanah airnya dijajah lagi. Dia memerintahkan seluruh rakyatnya menurunkan bendera Belanda secara serentak. 1 Maret 1946, sabdanya dilaksanakan. Reaksi dari Belanda sangat sengit. Pertempuran rakyat Kokas versus tentara Belanda meletus. Tentara Belanda kewalahan.

"Belanda terpaksa mendatangkan bala bantuan dari wilayah Sorong. Kehadiran tentara Belanda dari Sorong berhasil mematahkan serangan Rumagesan beserta rakyat Kokas," tulis Rosmaida Sinaga dan Abdul Syukur dalam bukunya.

Sayang sekali, Machmud Rumagesan ditangkap tentara Belanda. Dia dibawa ke Sorong untuk dipenjara. Namun Rumagesan tak lantas menjadi lembek. Di Sorong, perlawanannya terhadap pemerintah Belanda kian menjadi-jadi.

Machmud Singgirei Rumagesan, kota lokasi penjara yang dilalui. (Google Maps)Machmud Singgirei Rumagesan, kota lokasi penjara yang dilalui. (Google Maps)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT