Polisi Tangkap 10 Penambang Pasir Ilegal di Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Jumat, 13 Nov 2020 14:16 WIB
Ilustrasi tangan diborgol
Ilustrasi (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Riau -

Polda Riau menangkap 10 pelaku penambangan pasir galian C ilegal di Kabupaten Bengkalis, Riau. Para pelaku ditangkap lantaran kegiatannya menyebabkan kerusakan parah lingkungan.

"Pelaku usaha penambangan pasir tersebut ditangkap karena menjalankan pertambangan tanpa izin dari pemerintah setempat," kata Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi kepada wartawan, Jumat (13/11/2020).

Agung menjelaskan lokasi penambangan pasir ilegal ini berada di Dusun Pasir Putih, Desa Boncah Mahang, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis. Penambangan pasir tersebut mengakibatkan kerusakan lingkungan.

"Penambangan pasir ilegal tersebut telah merusakkan lingkungan yang cukup parah. Ini harus dihentikan dari sekarang. Kita sudah memetakan dan akan mengambil langkah-langkah hukumnya dan kita akan menuntaskan siapa saja yang terlibat dalam kasus ini," kata Agung.

Selain mengamankan para tersangka, kata Agung, pihaknya mengamankan barang bukti berupa alat berat yang ada di lokasi.

"Setidaknya ada empat ekskavator serta empat unit mesin isap beserta selangnya. Barang bukti tersebut sebagai alat untuk melakukan penambangan pasir," kata Agung.

Kini para tersangka penambangan pasir tanpa izin ini ditahan di Polda Riau.

(cha/maa)