Anies: Anak Muda Perlu Kartu Nama, Pelajari Bahasa Internasional

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Kamis, 12 Nov 2020 16:01 WIB
Anies Baswedan saat meninjau Grand Theater Senen yang terbakar
Anies Baswedan (Foto: (Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta kepada pemuda untuk memanfaatkan fasilitas yang ada di Jakarta untuk membangun jaringan. Menurutnya, semua fasilitas hingga tokoh ada di Jakarta.

"Kalau mau networking saya sampaikan juga, saya pesankan, di Jakarta ini tidak ada kota lain yang memiliki institusi selengkap Jakarta, ketemu badan internasional ada di sini semua. Ketemu dengan badan, perusahaan-perusahaan terbesar Indonesia ada semua di sini. Ketemu tokoh-tokoh yang paling mumpuni di bidang apapun, ada semua di sini," ujar Anies melalui video yang disiarkan di Channel YouTube Baznasbazis DKI Jakarta, Kamis (12/11/2020).

Anies juga meminta kepada pemuda untuk mendatangi acara diskusi dan seminar. Selain itu, acara ulang tahun kedutaan besar suatu negara juga perlu diikuti. Sebab, tak sedikit tokoh nasional yang hadir dalam acara tersebut.

"Saya selalu menganjurkan kepada teman-teman yang masih kuliah, lakukan pembangunan jejaring di sini, ada event apapun datang, kalau diundang syukur kalau tidak diundang berusaha masuk, jangan khawatir, ada seminar bismillah datang ada diskusi bismillah datang, ada resepsi datangi, resepsi maksudnya gini, bukan perkawinan, resepsi ini misalnya ulang tahun Kedutaan Inggris, ulang tahun Kedutaan Singapura, ulang tahun itu resepsi namanya, datang ke situ, bukan makanan, temui orang-orang itu semua, diberi kesempatan," katanya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mengatakan ketika bertemu dengan tokoh-tokoh, segera beri kartu nama. Karena, kartu nama menjadi bekal untuk membangun jaringan. Anies kemudian mencontohkan salah satu orang ketika menyerahkan kartu nama kepada dirinya.

"Kenapa sih anak-anak muda perlu bekal kartu nama? Bukan untuk supaya Aura namanya dicatat, belum tentu dicatat saya. Tapi untuk Aura dapat kartu nama saya, karena adabnya kalau diberi kartu nama harus memberi kartu nama. Itu lah networking," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2