Kritik Pro Jokowi Saat Gatot Tak Hadiri Pemberian Bintang Mahaputera

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 12 Nov 2020 08:46 WIB
Din Syamsuddin dan Gatot Nurmantyo menghadiri deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Jawa Barat, Senin (7/9/2020). Deklarasi dilaksanakan di sebuah rumah, Kota Bandung, Senin (7/9/2020).
Foto: Gatot Nurmantyo (Yudha Maulana)
Jakarta -

Ketidakhadiran mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo dalam acara pemberian penghargaan Bintang Mahaputera menuai kritik. Adalah partai pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melontarkan kritik tajam ke Gatot.

Kritik datang dari Golkar dan legislator PKB. Tapi Gatot bukan tanpa alasan hingga tidak muncul dalam acara yang dihelat di Istana, Jakarta, itu. Meski alasan Gatot bisa dijawab pemerintah.

Gatot mengirimkan sepucuk surat yang tertuju ke Presiden Jokowi, yang berisi alasan tak menghadiri acara pemberian penghargaan. Isi surat Gatot lalu diungkapkan Menko Polhukam Mahfud Md.

"Beliau tidak bisa hadir karena beberapa alasan, pertama, karena ini suasana COVID-19. Karena suasana COVID-19 disepakati pada bulan Agustus dulu dipecah dua, separuh bulan Agustus, separuh sekarang, sehingga suasana COVID-19 terpenuhi standarnya," kata Mahfud, dalam wawancara yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (11/11/2020).

Pada dasarnya, yang menurut Mahfud, Gatot menerima penghargaan Bintang Mahaputera yang diberikan negara melalui Jokowi. Begitu isi surat mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu, seperti disampaikan Mahfud.

"Tapi dalam suratnya Pak Gatot Nurmantyo itu menyatakan menerima pemberian bintang jasa ini tetapi beliau tidak bisa hadir karena beberapa alasan, pertama karena ini suasana COVID," ungkap Mahfud.

Mahfud pun memastikan Bintang Mahaputera akan dikirim langsung ke Gatot. Presiden Jokowi telah menugaskan pejabat berwenang untuk mengirim.

"Dari sekian yang dianugerahi Bintang Mahaputera ada yang tidak hadir Bapak Gatot Nurmantyo, tapi dalam suratnya Pak Gatot Nurmantyo menyatakan menerima, menerima pemberian bintang jasa ini, tetapi beliau tidak bisa hadir karena beberapa alasan," terang Mahfud.

Kritik terhadap Gatot pun tak terelakkan. Seperti apa? Simak di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2