Ketua IDI Bali Bantah Larang dr Tirta Beri Kesaksian di Sidang Jerinx

Angga Riza - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 18:48 WIB
Sidang Jerinx SID dilanjutkan dengan agenda pleidoi. Jerinx menyebut IDI Bali melarang dr Tirta memberi kesaksian untuk meringankannya (Angga Riza/detikcom)
Sidang Jerinx SID dilanjutkan dengan agenda pleidoi. Jerinx menyebut IDI Bali melarang dr Tirta memberi kesaksian untuk meringankannya. (Angga Riza/detikcom)
Denpasar -

I Gede Ari Astina alias Jerinx 'SID' menuding Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bali dr Putra Suteja melarang dr Tirta memberikan kesaksian di persidangan untuk meringankan dirinya. Apa tanggapan dr Putra?

dr Putra Suteja enggan menanggapi langsung tuduhan Jerinx SID dalam persidangan tersebut. Dia juga enggan dikonfrontasi Jerinx dengan rekan sejawatnya. Dia mempersilakan dr Tirta buka suara terkait isi pertemuan dengannya.

"Tanya dr Tirta, kan gitu, kalau saya ngomong, tanya dr Tirta. dr Tirta juga harus jujur, dr Tirta dulu harus jujur, tanya dia, kan gitu. Kalau apa yang dia bicarakan dengan saya di sekretariat IDI, dr Tirta pernah bertemu dengan saya di sekretariat IDI, apa yang dibicarakan. Dia juga harus jujur, gitu lo," kata Suteja saat dihubungi detikcom, Selasa (10/11/2020).

Suteja memaparkan sempat berdiskusi dengan Tirta di sekretariat IDI Bali. Dia tak ingin dibuat berhadap-hadapan dengan Tirta.

"Jangan kesejawatan saya diadu dengan dr Tirta, itu saja, saya harus kita jujur di sini, harus tidak dilihat sepotong-sepotong juga, harus utuh, begitu," ujar Suteja.

Suteja secara tersirat mengatakan ada pembagian tugas antara dirinya dengan Tirta. Namun, dia menegaskan, pelaporan atas Jerinx di kasus 'IDI kacung WHO' adalah persoalan organisasi, bukan pribadi.

"Itu dulu ditanya dulu di sana, di pembicaraan saya yang pertama dulu dia ngomong apa sih. Dia ngomong kan dr Tirta dengan Suteja di hadapan beberapa teman IDI di kantor sekretariat IDI Bali, di sana dr Tirta menyebutkan tugas saya ini, tugasnya dr Tirta ini, itu dulu," kata Suteja.

Ketua IDI Bali Putra Suteja bersaksi di sidang Jerinx SID.Ketua IDI Bali Putra Suteja bersaksi di sidang Jerinx SID beberapa waktu lalu (Angga Riza/detikcom)

Dia menegaskan pelaporan atas Jerinx SID didasarkan surat dari PB IDI. Dia menegaskan kasus 'IDI kacung WHO' bukan persoalan personal dirinya dengan Jerinx.

"Yang jelas, saya sampaikan kepada Bapak kan gitu, saya menjalankan tugas organisasi saya, melapor berdasar surat dari PB. Saya melapor berdasarkan surat dari cabang, surat-surat itulah. Supaya jangan nanti bahwa ini persoalan pribadi, bukan, ini adalah persoalan organisasi, organisasi pusat menugaskan saya dengan surat organisasi cabang menegaskan saya dengan surat itu," ujar dia.

Bagaimana pernyataan Jerinx soal Ketua IDI Bali larang dr Tirta beri keterangan dalam persidangan?

Selanjutnya
Halaman
1 2