83 Pohon di Pekanbaru Ditebang Pengusaha Reklame, Begini Penampakannya

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 15:37 WIB
Kondisi ke-83 pohon yang ditebang tanpa izin di Jalanan Pekanbaru
Kondisi ke-83 pohon yang ditebang tanpa izin di Pekanbaru (Chaidir/detikcom)
Pekanbaru -

Pengusaha reklame, TFG alias Tomi (49), ditangkap polisi karena diduga memerintahkan anak buahnya menebang 83 pohon di median jalanan Pekanbaru gegara menghalangi papan reklame. Begini penampakan terkini ke-83 pohon yang sebagian besar batangnya ditebang tanpa izin itu.

Pantauan detikcom di Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru, Riau, Selasa (10/11/2020), terlihat ada puluhan pohon yang lebih pendek dibanding pohon lainnya di wilayah itu. Pohon-pohon pelindung yang ditebang itu berlokasi di depan toko Global Bangunan hingga menjelang flyover Jalan Soekarno-Hatta.

Kondisi ke-83 pohon yang ditebang tanpa izin di Jalanan PekanbaruKondisi ke-83 pohon yang ditebang tanpa izin di jalanan Pekanbaru (Chaidir/detikcom)

Pohon yang ditebang tanpa izin itu berjenis tabebuya dan pohon glodokan tiang. Jika pohon glodokan tiang di kawasan ini tingginya sekitar 3-4 meter, pohon yang ditebang tanpa izin atas perintah Tomi itu hanya tersisa 1 meter.

Tak terlihat lagi ada papan reklame yang berada di tengah jalan. Sebelum kasus ini mencuat, ada papan reklame besar di median jalan sejajar dengan pohon-pohon tersebut.

Sebelumnya, kasus penebangan pohon ini awalnya dilaporkan pegawai Dinas PUPR Kota Pekanbaru. Dalam laporannya, pegawai tersebut mengaku mendapat laporan ada perusakan pohon pada Senin (12/10).

Lihat juga video 'Kayu Diduga Hasil Illegal Logging Berserakan di Sungai Siak':

[Gambas:Video 20detik]