Perkosa Anak Kandung, Ayah Bejat di Simalungun Sumut Ditangkap Polisi

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 13:19 WIB
Poster
Ilustrasi pemerkosaan (Edi Wahyono/detikcom)
Simalungun -

Polisi menangkap pria berinisial J (38) di Simalungun, Sumatera Utara (Sumut). Dia ditangkap karena diduga memerkosa putri kandungnya yang berusia 12 tahun.

"Peristiwa pencabulan itu dilakukan oleh ayah kandung korban berinisial J (38) terhadap putrinya yang masih berusia 12 tahun di Kecamatan Silimakuta, Simalungun," kata Kapolres Simalungun, AKBP Agus Waluyo, kepada wartawan, Selasa (10/11/2020).

Agus menyebut peristiwa itu diketahui oleh ibu kandung korban, E. Dia kemudian melaporkannya kepada pihak kepolisian.

Aksi bejat J itu diduga dilakukan di rumahnya. Saat beraksi, dia mengancam anaknya agar tidak memberi tahu siapa pun.

"Saat menjalankan aksinya, pelaku melakukannya di rumah mereka. Pelaku mengancam korban untuk tidak memberitahukan kejadian tersebut kepada ibunya ataupun orang lain. Berdasarkan keterangan korban dan saksi-saksi, pelaku telah melakukan sebanyak dua kali. Bahkan korban kerap mendapatkan pengancaman. Pelaku mengancam apabila dilaporkan kepada ibunya, maka korban akan dihajar," sebut Agus.

Agus menyebut polisi dan pihak terkait bakal memberi pendampingan psikologis terhadap korban. Sementara J sudah ditangkap dan ditahan polisi.

J dijerat dengan Pasal 81 Ayat 3 jo Pasal 76 Huruf d atau Pasal 82 Ayat 2 jo Pasal 76 Huruf e UU Perlindungan Anak. Dia terancam hukuman maksimal 15 tahun penjara ditambah sepertiga masa hukuman karena merupakan orang tua korban.

"Atas perbuatannya, pelaku ini diancam hukuman minimal 5 tahun dan maksimal 15 tahun penjara. Jika pelakunya adalah orang tua, atau wali dari si korban, pelaku akan dikenakan pidana tambahan sepertiga hukuman dan denda sebesar Rp 5 miliar," sebut Agus.

(haf/haf)