Cegah Politik Uang di Pilkada 2020, Presiden PKS Minta Kader Ronda

M Iqbal - detikNews
Senin, 09 Nov 2020 18:35 WIB
Presiden PKS Ahmad Syaikhu (M Iqbal/detikcom)
Foto: Presiden PKS Ahmad Syaikhu (M Iqbal/detikcom)
Jakarta -

Presiden PKS Ahmad Syaikhu meminta seluruh kader dan simpatisan partai untuk berjaga-jaga di pekan terakhir sebelum hari pencoblosan Pilkada Serentak 2020. Syaikhu menyebut cara berjaga-jaga itu bisa dengan ronda untuk mencegah terjadinya politik uang.

Ronda adalah kegiatan menjaga suatu wilayah yang biasanya dilakukan dari malam hari hingga subuh. Di saat-saat itu, permainan politik uang biasanya terjadi hingga disebut serangan fajar.

"Salah satunya kita ingin memerintahkan kepada kader-kader untuk menjaga agar tidak terjadi politik uang itu," kata Syaikhu kepada wartawan di Cilegon, Senin (9/11/2020).

Cara berjaga-jaga yang dikatakan Presiden PKS bisa dengan ronda dan cara-cara lain. Dia menyebut kader PKS sudah biasa untuk melakukan pencegahan politik uang.

"Ya bisa dengan ronda, bisa dengan banyak hal lah, saya kira itu biasa kader-kader PKS melakukan hal-hal seperti itu berjaga-jaga," ujarnya.

Syaikhu melanjutkan, politik uang biasanya terjadi di bulan terakhir hingga pekan terakhir sebelum hari H pencoblosan. Waktu rawan politik uang itu dia minta untuk dijaga agar tak terjadi.

"Oleh karena itu berjaga-jaga di satu bulan ini khususnya nanti di pekan-pekan terakhir agar supaya tidak ada orang-orang yang kemudian memanfaatkan momentum akhir saja untuk melakukan politik uang. Saya kira ini yang harus dijaga bersama-sama oleh kader dan simpatisan PKS," tuturnya.

(jbr/jbr)