Tak Ada Zona Merah di Sumut, Gubsu Masih Belum Izinkan Sekolah Dibuka

Ahmad Arfah - detikNews
Senin, 09 Nov 2020 14:53 WIB
Gubsu Edy Rahmayadi (kemeja putih)/(Ahmad Arfah-detikcom)
Gubsu Edy Rahmayadi (kemeja putih) (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Peta risiko Satgas COVID-19 menunjukkan tak ada lagi zona merah atau wilayah risiko tinggi penyebaran Corona di Sumatera Utara. Meski demikian, Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi belum mengizinkan sekolah kembali dibuka untuk kegiatan belajar-mengajar tatap muka.

"Belum, kan udah bilang nanti tanggal 1 Januari kumpul lagi dengan tokoh tokoh akademisi, tokoh-tokoh intelektual, tokoh tokoh adat, tokoh tokoh agama, saya duduk dulu karena yang tahu tentang sekolah ini bukan orang politik, juga bukan orang kesehatan tetapi ahli psikologi anak, kita akan sama-sama mendiskusikan ini," ujar Edy di Rumah Dinas Gubsu, Medan, Senin (9/11/2020).

Dia menyebut tak akan mengorbankan kesehatan anak-anak dengan tergesa-gesa membuka sekolah untuk kegiatan belajar tatap muka. Edy mengatakan Pemprov Sumut memprioritaskan kesehatan warga.

"Anak-anak kita tidak boleh dikorbankan dengan kondisi ini, ilmu bisa kita kejar, tapi kesehatan adalah prioritas," ujar Edy.

Edy juga meminta warga tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker. Dia mengatakan masker bisa membantu mencegah risiko penularan Corona.

"Kita harus tetap protokol kesehatan. Ini maskerku ini adalah keselamatanmu, maskermu keselamatanku, sehingga benar-benar makai masker setiap saat," kata Edy.

Selanjutnya
Halaman
1 2