Tak Ada Zona Merah, Sumut Wilayah Risiko Ringan-Sedang Penyebaran Corona

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 17:02 WIB
Poster
Ilustrasi COVID-19 (Foto: Edi Wahyono-detikcom)
Medan -

Kabar baik datang dari upaya penanggulangan penyebaran virus Corona di Sumatera Utara (Sumut). Satgas COVID-19 menyebut tak ada lagi zona merah atau wilayah dengan risiko tinggi penyebaran Corona di Sumut.

Dilihat detikcom dari peta risiko yang dibuat oleh Satgas COVID-19 Nasional, Senin (26/10/2020), mayoritas kabupaten/kota di Sumut masuk sebagai zona oranye atau risiko sedang. Ada juga beberapa wilayah zona kuning atau risiko rendah penyebaran COVID-19.

Dari 33 kabupaten/kota di Sumut, dua di antaranya masuk sebagai wilayah risiko rendah. Kedua kabupaten itu adalah Tapanuli Utara dan Nias.

Meski demikian, Satgas COVID-19 tetap mengingatkan agar seluruh warga mematuhi protokol kesehatan. Perubahan status wilayah bisa terjadi jika ada kenaikan signifikan kasus baru Corona.

"Masyarakat disarankan tetap berada di rumah. Tetap jaga jarak jika di luar rumah di semua aspek," demikian tulis Satgas COVID-19.

Satgas juga menjelaskan soal jumlah kasus positif Corona di Sumut. Hingga hari ini, ada 12.655 kasus positif Corona secara kumulatif.

Dari jumlah tersebut, 10.286 orang dinyatakan sembuh. Sementara, 523 orang dinyatakan meninggal dunia.

Selanjutnya
Halaman
1 2