Wagub DKI Serahkan ke Arkeolog, Minta Temuan Artefak di Proyek MRT Dijaga

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Senin, 09 Nov 2020 06:16 WIB
Jakarta -

Sejumlah artefak atau benda bersejarah ditemukan saat proses penggalian proyek MRT Jakarta Fase 2A jalur Thamrin-Kota. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan temuan tersebut harus dijaga.

Riza mengatakan artefak itu akan diserahkan kepada tim arkeolog untuk diteliti. Nantinya, artefak tersebut akan dikaji sehingga bisa diketahui nilai sejarah yang terkandung di dalamnya.

"Kalau ada temuan-temuan seperti itu tentu nanti diserahkan kepada ahlinya, ada bidangnya yang menangani. Pemprov nanti akan menyerahkan pada bidang yang menangani artefak tersebut. Tentu semua artefak yang ada perlu kita jaga, pelihara, menjadi sebuah kajian perjalanan sejarah," ujar Riza kepada detikcom, Minggu (8/11/2020).

"Arkeolog nanti yang mencari solusinya, apa saja yang akan dilakukan. Jadi kami Pemprov tentu mendukung ditemukan artefak itu untuk ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan ketentuan yang ada. Nanti akan kami sampaikan apa masukan dari tim artefak," sambungnya.

Meski demikian, Riza belum dapat menjelaskan artefak tersebut berasal dari tahun berapa. Menurutnya, Pemprov DKI Jakarta akan mempublikasikan hasil kajian dari arkeolog, sehingga dapat memberikan nilai manfaat.

"Itu kan harus dilihat, berapa banyak ukurannya seperti apa, apakah bisa dipindahkan, nanti akan dilihat semuanya. Kita sekarang belum bisa mengambil kesimpulan menyikapi ini, yang pasti dengan ditemukan artefak ini kita akan sikapi dengan baik secara bijak sesuai dengan ketentuan peraturan yang ada. Prinsipnya semua artefak ini, peninggalan-peninggalan sejarah ini kita harus jaga. Nanti kita publikasikan, kita sosialisasikan, supaya memberi nilai manfaat yang baik," kata Riza.

Bagaimana cerita penemuan artefak di proyek MRT? Simak di halaman selanjutnya. >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2