Panglima TNI Ungkap Digitalisasi Alutsista, Singgung Ancaman Siber

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 08 Nov 2020 21:39 WIB
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bicara soal digitalisasi alutsista di era revolusi industri 4.0. Hadi meminta prajurit TNI bisa beradaptasi dan tidak tertinggal dalam menghadapi kemajuan teknologi.

"Ya, saat ini kita masuk pada revolusi industri 4.0. Tentunya kita tidak boleh ketinggalan dengan kemajuan teknologi tersebut. Saat ini seluruh peralatan sudah mengalami satu perubahan. Dari peralatan yang sifatnya analog, sudah masuk pada yang bersifat digital," terang Hadi dalam acara '30 Menit Bersama Panglima TNI' yang disiarkan kanal di YouTube Puspen TNI, Minggu (8/11/2020).

"Dan saat ini kita terus juga dalam reksa ketiga ini, mengubah seluruh sistem yang ada di alutsista, semua menggunakan digital. Kita sebut era digitalisasi, dari alutsista yang tadinya menggunakan analog, kita ubah dengan menggunakan digital," lanjutnya.

Hadi menambahkan TNI harus bisa beradaptasi dalam perubahan zaman dengan terus meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di tubuh TNI. Dia pun menyinggung ancaman siber yang dihadapi di era digitalisasi ini.

"Kita tidak boleh tidak melek dengan perubahan-perubahan ini. Oleh sebab itu, kita sudah bisa melihat bahwa di Mabes TNI juga memiliki satuan siber, itu adalah dalam rangka kita juga menghadapi ancaman, ancaman siber. Karena saya sampaikan tadi ancaman saat ini multidimensi," terangnya.

Panglima TNI juga bicara soal kesejahteraan prajurit TNI. Simak di halaman selanjutnya. >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2