Wagub soal Nasib PSBB Transisi DKI: Nanti Diumumkan Pak Gubernur

Ilman Nafi'an - detikNews
Minggu, 08 Nov 2020 17:16 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria
Foto: Ilman/detikcom
Jakarta - Perpanjangan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi di DKI Jakarta hari ini berakhir. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan pengumuman mengenai masa PSBB transisi apakah akan diperpanjang kembali atau tidak akan disampaikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Saya belum berani mengumumkan, biar nanti Pak Gubernur yang menyampaikan," ujar Riza kepada detikcom, Minggu (8/11/2020).

Riza juga enggan menyebut secara pasti kapan pengumuman nasib PSBB di Jakarta akan dilakukan. "Ya nanti dilihat, bisa hari ini, bisa besok," ucapnya.

Riza menerangkan, segala kemungkinan bisa terjadi dalam pengumuman yang akan dilakukan Pemprov DKI mengenai PSBB. Menurutunya, Bisa saja Pemprov DKI Jakarta memperpanjang PSBB transisi kembali, memberlakukan kembali rem darurat atau bahkan meniadakan PSBB.

"Teman-teman juga bisa kira-kira kebijakan yang diambil apa sih, apakah ditiadakan PSBB, diperketat atau dilonggarkan kembali, apakah justru diperketat emergency break, apakah diperpanjang seperti yang sekarang sekarang membuka unit-unit baru, itu kan pilihan tinggal empat saja," katanya.

Lebih lanjut, Riza menerangkan saat ini kasus positif baru di DKI mengalami penurunan. Fasilitas yang ada di rumah sakit rujukan Covid juga terus mengalami perbaikan, termasuk kedisiplinan warga menerapkan protokol kesehatan.

"Ya teman-teman bisa lihat data-data perkembangan 2 minggu terakhir seperti apa, kasus positif aktif terus menurun, fasilitas terus bertambah, tenaga kesehatan terus bertambah, ruang ICU, ruang tempat tidur terus meningkat, prinsipnya semua kebaikan-kebaikan di semua sektor, di semua lini, masyarakat cukup disiplin, menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan dengan sabun dan sebagainya. Jadi prinsipnya ada peningkatan-peningkatan," kata Riza.

Sebelumnya diberitakan, Pemprov DKI Jakarta kembali memperpanjang PSBB Masa Transisi. PSBB Masa Transisi di DKI Jakarta ini diperpanjang selama 14 hari.

Berdasarkan siaran pers PPID DKI Jakarta, Minggu (25/10/2020), perpanjangan terhitung sejak 26 Oktober sampai 8 November 2020. Perpanjangan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap lonjakan kasus COVID-19.

Keputusan ini sesuai dengan Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1020 Tahun 2020. Pada keputusan tersebut, jika tidak terdapat peningkatan kasus yang signifikan selama perpanjangan PSBB Masa Transisi ini, perpanjangan selama 14 hari akan dilakukan. Namun, apabila terjadi peningkatan kasus secara signifikan, pemberlakuan PSBB Masa Transisi ini dapat dihentikan.

Tonton juga 'Kualitas Udara Jakarta Tak Sehat di Hari Terakhir PSBB Transisi':

[Gambas:Video 20detik] (man/imk)